EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya
Vol 10, No 1 (2022)

Persepsi Guru Terhadap Model Pengelolaan Keuangan Dan Perilaku Konsumtif Dalam Melaksanakan Tugas Di Madrasah Aliyah Al Fatah Temboro

Rahmat Ashari (Magister Pendidikan IPS, Program Pascasarjana, Universitas PGRI Madiun)
Parji Parji (Magister Pendidikan IPS, Program Pascasarjana, Universitas PGRI Madiun)
Sudarmiani Sudarmiani (Magister Pendidikan IPS, Program Pascasarjana, Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2022

Abstract

Guru Madrasah masih memiliki kecenderungan melakukan pembelian barang dalam memenuhi kebutuhan dasarnya tanpa memperhatikan prinsip finansial yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru terhadap model pengelolaan keuangan dan perilaku konsumtif.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Desain penelitian ini menggambarkan fenomena objek penelitian, mengumpulkan informasi tentang fenomena objek penelitian, dan melaporkannya secara naratif tentang temuan yang didapatkan.Lokasi penelitian ini adalah Madrasah Aliyah Al Fatah yang terletak di Desa Temboro, Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan.Jenis sumber data menggunakan data primer dan data sekunder. Adapun sumber data primer penelitian ini adalahguru sertifikasi. Sedangkan data sekunder meliputi foto-foto selama kegiatan penelitian berlangsung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sertifikasi memiliki kesadaran mengenai pentingnya memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola keuangan, meliputi perencanaan seperti mengelola dana tabungan, mengelola investasi, dan mengikuti program asuransi yang melibatkan jasa perbankan sehingga dapat menghindari perilaku konsumtif

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

EQUILIBRIUM The scientific journal Economics and Learning has P-ISSN: 2303-1565 & E-ISSN: 2502-1575 which is published twice a year, in January and July. Focus and scope on EQUILIBRIUM The scientific journal Economics and Learning:Economic Learning Media, Planning Economic Learning, Learning and ...