Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Vol. 1 No. 3 (2021): EduTIK : Juni 2021

PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN VIDEO TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL

Hardiansyah Mokoginta (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)
Luckie Sojow (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)
Hiskia Kamang Manggopa (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan menggunkan media pembelajaran video tutorial dan yang tidak menggunakan media pembelajaran video tutorial. Jenis penelitian menggunakan metode eksperimen. Penelitian ini menggunakan Posttest-Only Control Design. Populasi adalah siswa kelas X TKJ dan teknik pengambilan sampel dengan cara simple random sampling, sampel yang diambil berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 2 kelas, masing-masing kelas terdiri dari 10 siswa. Data di ambil dan dikumpulkan dari tes akhir sesudah diterapkan pembelajaran menggunakan Media pembelajaran vidio tutorial dan model pembelajaran saintifik. Dari penelitian ini diperoleh hasil posttest siswa pada kelas kontrol memperoleh skor ratar-rata 73,2 dan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen memperoleh rata-rata 86,4. Dari data tersebut dilakukan uji normalitas sehingga data berdistribusi normal. Hasil analisis data pada taraf nyata 0,05 diperoleh t_hitung>t_tabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar simulasi dan komunikasi digital siswa dengan menggunakan media pembelajaran video tutorial lebih dari hasil belajar menggunakan model pembelajaran langsung.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

edutik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Engineering

Description

Jurnal Edutik adalah jurnal yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado yang bertujuan untuk meningkatkan dan menyediakan wadah publikasi bagi artikel penelitian dalam bidang Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan ...