cover
Contact Name
Stralen Pratasik
Contact Email
stralente@unima.ac.id
Phone
+628114354343
Journal Mail Official
edutik@unima.ac.id
Editorial Address
Jl. Kampus Unima, Tonsaru, Tondano Sel., Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara 95618
Location
Kab. minahasa,
Sulawesi utara
INDONESIA
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
ISSN : 2798141X     EISSN : 2798141X     DOI : -
Jurnal Edutik adalah jurnal yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado yang bertujuan untuk meningkatkan dan menyediakan wadah publikasi bagi artikel penelitian dalam bidang Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan bidang Teknik Informatika dengan ruang lingkup Rekayasa Perangkat Lunak, Sistem Informasi, Jaringan dan Keamanan Komputer, Sistem Pendukung Keputusan, Pendidikan TIK, E-Learning, E-Government dan Aplikasi Mobile.
Articles 216 Documents
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR SISWA KELAS X TKJ SMK MUHAMMADIYAH NAHA Sahria Sahempa; Peggy Veronika Togas; Verry Ronny Palilingan
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 1 No. 1 (2021): EduTIK : Februari 2021
Publisher : Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (237.795 KB) | DOI: 10.53682/edutik.v1i1.922

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar computer dan jaringan dasar siswa kelas X TKJ SMK Muhammadiyah Naha melalui Penerapan model demonstrasi. Subyek dalam penelitian adalah siswa kelas X TKJ yang berjumlah 30 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dimana data diperoleh setelah dilakukan setelah tindakan berupa penerapan model pembelajaran demonstrasi, dilaksanan dalam dua siklus untuk mencapai ketuntasan belajar secara klasikal yaitu 75% dari siswa kelas X telah memperoleh nilai minimal ≥75. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerpan model pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini berdasarkan data yang diperoleh pada siklus I dengan hasil sebanyak 13 siswa tuntas belajar dengan presentasi keberhasilan 43% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 28 siswa tuntas belajar dengan presentasi keberhasilan adalah 93% berdasarkan hasil yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran demonstrasi dapat meningkatan hasil belajar siswa kelas X TKJ SMK Muhammadiyah Naha.
SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS WEB DI SMA NEGERI 3 TONDANO Yehezkiel Ratulangi; Marthinus Maxi Mintjelungan; Mario Tulenan Parinsi
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 1 No. 1 (2021): EduTIK : Februari 2021
Publisher : Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (526.458 KB) | DOI: 10.53682/edutik.v1i1.985

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah merancang sistem informasi akademik berbasis Web yang bertujuan untuk memudahkan sekolah untuk berbagi informasi sekolah dan juga membantu guru, siswa, operator dalam mengelola informasi data sekolah yang meliputi kegiatan belajar mengajar maupun informasi lainya. Sistem informasi ini telah diuji dan sudah tidak terdapat masalah, selain itu sistem informasi ini telah melalui beberapa kali proses penambahan fitur sampai benar-benar sesuai dengan kebutuhan sekolah baik guru maupun siswa. Setelah melalui tahap uji sistem didapati bahwa sistem informasi telah layak di gunakan di lingkungan sekolah SMA N 3 Tondano untuk menjdi Sistem informasi Akademik Berbasis Web.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TUTORIAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL DI SMK NEGERI 3 TONDANO Patricia Claudia Tumewan; Luckie Sojow; Daniel Riano Kaparang
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 1 No. 1 (2021): EduTIK : Februari 2021
Publisher : Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1235.098 KB) | DOI: 10.53682/edutik.v1i1.996

Abstract

Media pembelajaran yang menarik dapat memberikan dampak terhadap prestasi belajar peserta didik. Saat ini teknologi komputer yang semakin maju dapat memaksimalkan mutu pendidikan apabila digunakan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran yang bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran pada materi desain grafis yang diharapkan dapat membantu guru dalam proses belajar mengajar. Pengembangan media pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Dalam metode ini terdapat 6 (enam) tahapan diantaranya: concept, design, obtaining content materiall, assembly, testing, dan distribution. Pada tahap testing atau tahap pengujian terdapat empat bentuk uji coba yaitu developer test, ahli media, ahli meteri dan end-user test. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh hasil yang baik dan dari hasil tersebut peneliti mengambil kesimpulan bahwa aplikasi media pembelajaran multimedia interaktif pada materi desain grafis sudah sesuai dengan tujuan penelitian dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
PENGEMBANGAN GAME EDUKASI MATEMATIKA BERBASIS MOBILE UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR Reggiana Agnesia Gontah; Herry Sumual; Trudi Komansilan
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 1 No. 1 (2021): EduTIK : Februari 2021
Publisher : Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1101.516 KB) | DOI: 10.53682/edutik.v1i1.997

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah merancang Game edukasi matematika berbasis mobile untuk siswa sekolah dasar, yang akan dipakai untuk proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Multimedia Development Life Cycle versi Luther-Sutopo yang memiliki enam tahapan, yaitu Concept, Design, Obtaining Content Material, Assembly, Testing, dan Distribution. Pembuatan aplikasi ini menggunakan software Construct, sementara pengujian aplikasi ini menggunakan pengujian Usability test Serta black box untuk developer test. Setelah melakukan uji coba yang dilakukan oleh pembuat dan ahli materi maka peneliti mengambil kesimpulan bahwa game edukasi matematika ini telah layak untuk digunakan pada proses pembelajaran dan telah sesuai dengan konsep perancangan produk, dan dari hasil pengujian yang telah dilakukan aplikasi ini telah berjalan dengan baik berdasarkan tujuan pengembangan dan tidak tedapat kesalahan yang terjadi saat pengoperasian aplikasi.
PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 TOMOHON Kevin Alexander Johannes Pangkerego; Luckie Sojow; Hiskia Kamang Manggopa
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 1 No. 1 (2021): EduTIK : Februari 2021
Publisher : Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (540.637 KB) | DOI: 10.53682/edutik.v1i1.1004

Abstract

Penelitian ini di tujukan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas penggunaan model blended learning untuk mengembangkan hasil belajar siswa kelas X TKJ. Model blended learning adalah gabungan dari dua model pembelajaran yaitu pembelajaran offline/tatap muka dan pembelajaran online. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik desain pra eksperimental dengan desain komparasi kelompok lengkap. Kelompok eksperimen menggunakan model pembelajaran hybrid berbasis online untuk pembelajaran terapi, sedangkan kelompok kontrol mendapatkan terapi konvensional di dalam kelas. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari pre-test dan post-test, kemudian dianalisis dengan uji t. Setelah mengumpulkan dan menganalisis data penelitian, hasil penelitian menunjukkan bahwa dibandingkan dengan kelompok kontrol, siswa pada kelompok eksperimen memiliki hasil belajar yang lebih baik secara signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran hybrid berbasis online dapat secara efektif meningkatkan efek belajar siswa
ANALISIS DAN PERANCANGAN JARINGAN KOMPUTER DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Aprilyano Ekklesia Tangkowit; Verry Ronny Palilingan; Olivia Eunike Selvie Liando
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 1 No. 1 (2021): EduTIK : Februari 2021
Publisher : Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (927.246 KB) | DOI: 10.53682/edutik.v1i1.1044

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi pada saat ini sudah sangat cepat seiring dengan kebutuhan. Penelitian ini bertujuan agar tersedianya perancangan jaringan komputer yang di implementasikan utuk sekolah menengah pertama. Penelitian ini menggunakan metode Network Development Life Cycle yang memiliki enam tahapan, yaitu Analysis, Design, Simulation Prototyping, Implementation, Monitoring, Management. Perancangan jaringan ini menggunakan topologi star dengan design dan simulation prototyping menggunakan aplikasi cisco packet tracer. Setelah membuat design dan simulation prototyping maka dapat di implementasikan sesuai dengan desain yang dibuat, dengan demikian peneliti mengambil kesimpulan bahwa perancangan jaringan komputer ini sudah berjalan sesuai dengan perancagan dan dapat digunakan untuk mencari informasi dan berbagi data antara guru dan staf tata ussaha dan dapat digunakan sesuai kebutuhan.
MODEL BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL SISWA SMK Ahnes Montoh; James Sumayku; Verry Ronny Palilingan
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 1 No. 2 (2021): EduTIK : April 2021
Publisher : Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (498.415 KB) | DOI: 10.53682/edutik.v1i2.1062

Abstract

Pendidkan adalah untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Dalam mencerdaskan penerus bangsa, pendidikan berperan sebagai ujung tobang suatu bangsa. Kualitas pendidikan dapat dilihat dari hasi belajar setiap insan. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model blended pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital di SMK Negeri 1 Talaud. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin yang terdiri dari empat fase, yaitu Perencanaan, Pelakssanaan, Observasi dan Refleksi. Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 1 Talaud yang berjumlah 31 siswa merupakan subjek dari penelitian ini. Teknik Pegumpulan data menggunakan tes dan obsevasi. Hasil peneltian dalam penggunaan model blended learning terdapat peningkatan hasil belajar siswa dalam setiap siklusnya. Dibuktikan pada hasil belajar siklus satu hasil belajar siswa meningkat 45% dari hasil sebelum tindakan. Pada siklus dua meningkat hingga mencapai 96%, sehingga setelah mencapai kriteria ketuntasan minimum, maka pada siklus dua pengunaan model blended dinyatakan berhasil.
PERANCANGAN JARINGAN KOMPUTER DI SMK MENGGUNAKAN CISCO PACKET TRACER Arther Valentino Mananggel; Alfrina Mewengkang; Arje Cerullo Djamen
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 1 No. 2 (2021): EduTIK : April 2021
Publisher : Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (637.538 KB) | DOI: 10.53682/edutik.v1i2.1124

Abstract

Perkembangan teknologi jaringan komputer saat ini sudah semakin pesat seiring dengan kebutuhan masyarakat akan layanan yang memanfaatkan jaringan komputer. Jaringan komputer adalah hubungan antara 2 komputer atau lebih yang terhubung dengan media transmisi kabel atau tanpa kabel (wireless). Penelitian ini bertujuan untuk Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganilisis dan merancang jaringan komputer di SMK Negeri 1 Tabukan Utara. Model penelitian menggunakan Network Development Life Cycle (NDLC) dengan enam tahapan yaitu analysis, desain, simulation prototype, implementation, monitoring dan manajement. Namun yang dilaksanakan hanya tahap pertama sampai dengan ketiga. Setelah dikembangkan melewati beberapa tahapan, maka hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan analisis dan perancangan desain jaringan menggunakan cisco packet tracer, SMK Negeri 1 Tabukan Utara telah memiliki 2 model perancangan untuk digunakan secara langsung pada perancangan ini disertai dengan estimasi bahan dan pengerjaan jaringan komputer tersebut.
PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN JARINGAN DASAR Julianti Alisia Mona Salem; Wensi Ronald Lesli Paat; Agustinus Takaredase
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 1 No. 2 (2021): EduTIK : April 2021
Publisher : Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (587.488 KB) | DOI: 10.53682/edutik.v1i2.1172

Abstract

Minat belajar adalah salah satu pendorong siswa lebih giat belajar, hal ini berguna untuk meningkatkan kemajuan teknologi siswa dan dapat menghasilkan nilai yang bagus, oleh karena itu minat dan hasil belajar tidak dapat dipisahkan. Alur penelitian ini adalah untuk memahami pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar jaringan dasar di SMK Negeri 1 Sinonsayang. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasi untuk mengetahui pengaruh antara dua variabel. Hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh antara minat belajar dengan hasil belajar hal ini ditunjukkan dengan diperoleh thitung sebesar = 2,58. Derajat keabsahannya (db=60-2=58) pada taraf signifikan 0,05 diperoleh ttabel, Ho ditolak Ha diterima yang berarti ada hubungan yang signifikan dan positif antara minat belajar terhadap hasil belajar siswa.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMK Devita Caroline Pauran; Jimmy Waworuntu; Agustinus Takaredase
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 1 No. 2 (2021): EduTIK : April 2021
Publisher : Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (814.238 KB) | DOI: 10.53682/edutik.v1i2.1173

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pembelajaran model discovery terhadap hasil belajar Komputer dan Jaringan Dasar siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Touluaan. Penelitian ini menggunakan Metode eksperimen semu (Quasi Eksperimental). Rancangan eksperimen semu yang digunakan adalah Non Equivalent Control Group Desain. Sampel penelitian ini diambil 56 responded, 28 responded untuk kelas eksperimen, dan 28 responded untuk kelas kontrol. Data hasil penelitian dikumpulkan melalui tes hasil belajar. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini adalah pengaruh model pembelajaran discovery secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di SMK Negeri 1 Touluaan. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery melalui uji statistik dengan menggunakan uji-t ternyata nilai thitung lebih besar dari ttabel atau thitung = 3, 071 > ttabel = 1,684 pada α = 0,05 dk = n – 2. Dengan demikian penelitian ini menerima hipotesis alternatif (Ha) dan menolak hipotesis normal (Ho) artinya terdapat pengaruh Pembelajaran Model Discovery terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajarran Komputer dan Jaringaan Dasar SMK Negeri 1 Touluaan.

Page 1 of 22 | Total Record : 216