Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Vol. 1 No. 4 (2021): EduTIK : Agustus 2021

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MATA PELAJARAN IPA SEKOLAH MENGENGAH PERTAMA

Rivaldo Efrain (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)
Hiskia Kamang Manggopa (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)
Olivia Eunike Selvie Liando (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2021

Abstract

Dengan berbagai fitur yang tersedia didalamnya, sistem informasi android sangatlah bermanfaat dalam menunjang pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah produk aplikasi media pembelajaran berbasis android yang menarik dan mudah dipahami siswa baik dalam proses belajar-mengajar didalam kelas maupun memperkuat pemahaman dan pengulangan materi dirumah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yang terdiri dari 6 tahap yaitu penelitian MDLC (Multimedia Development Life Cycle): (1) tahap pengonsepan, (2) tahap perancangan, (3) tahap pengumpulan alat dan bahan, (4) tahap pembuatan, (5) tahap pengujian, dan (6) tahap distribusi. Metode pengujian menggunakan white box untuk developer test dan metode pengujian black box untuk end user test. Hasil dari penelitian ini adalah menampilkan media pembelajaran yang menarik karena didukung oleh komponen multimedia berupa gambar sehingga mudah dipahami oleh siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

edutik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Engineering

Description

Jurnal Edutik adalah jurnal yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado yang bertujuan untuk meningkatkan dan menyediakan wadah publikasi bagi artikel penelitian dalam bidang Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan ...