Equals : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 4 No 2 (2021): Equals: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Tingkat Self-Efficacy

Anisa Rahmawati (Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Muhammadiyah Sukabumi)
Hamidah Suryani Lukman (Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Muhammadiyah Sukabumi)
Ana Setiani (Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Muhammadiyah Sukabumi)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2021

Abstract

Kemampuan Pemecahan masalah matematis sangat penting karena merupakan salah satu kompetensi utama yang harus dimiliki siswa dalam proses berpikir matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari tingkat self-efficacy siswa SMP. Jenis penelitian ini yaitu studi kasus dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa pemberian angket self-efficacy, tes kemampuan pemecahan masalah, dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah 3 orang siswa kelas VII C SMP IT Adzkia dengan tingkat self-efficacy tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa dengan tingkat self-efficacy tinggi memiliki kemampuan pemecahan masalah pada kategori tinggi dan memenuhi seluruh indikator kemampuan pemecahan masalah yakni memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, menyelesaikan masalah sesuai perencanaan, dan memeriksa kembali. (2) siswa dengan tingkat self-efficacy sedang dan rendah memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis kategori sedang. Adapun perbedaannya siswa dengan tingkat self-efficacy sedang memenuhi 2 indikator yakni menyusun masalah sesuai perencanaan dan memeriksa kembali, sedangkan siswa dengan tingkat self-efficacy rendah memenuhi satu indikator yakni memahami masalah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

equals

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Mathematics

Description

Jurnal Equals: Jurnal ilmiah Pendidikan Matematika, memuat artikel berupa hasil pemikiran, studi pustaka atau penelitian yang berkaitan dengan perkembangan bidang ilmu pendidikan matematika dan belum pernah diterbitkan dalam jurnal lain. ...