Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)
Vol 4, No 1 (2021): Juni 2021

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran IPA Materi Cahaya melalui Model Pembelajaran Discovery Learning di SMPN 1 Bintang Bayu Tahun Ajaran 2020/2021

Atika Khovivah (Universitas Negeri Medan)
Baby Ofi Nov Sanggam Panjaitan (Universitas Negeri Medan)
Dini Ayu Fazira (Universitas Negeri Medan)
Elvina Irawati Sihite (Universitas Negeri Medan)
Monica Theresia (Universitas Negeri Medan)
Nida Husnayaini (Universitas Negeri Malang)
Putri Naomi Br. Purba (Universitas Negeri Medan)
Rindi Ade Yulistiani (Universitas Negeri Medan)
Rut Agustini Zebua (Universitas Negeri Medan)
Tinezia Laurent Sitanggang (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas belajar peserta didik siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bintang Bayu semester genap tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa khususnya pada materi cahaya melalui model discovery learning. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dimana setiap sikulusnya terdiri dari tahap perencanaa, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Setiap sikus terdiri dari satu pertemuan dan data hasil belajar siswa diambil dari tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pada siklus I terjadi peningkatan hasil belajar, sebanyak 9 siswa atau sekitar 64,3% siswa dinyatakan tuntas dan sebanyak 5 siswa tidak tuntas atau sekitar 35,7%. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan signifikan sebanyak 12 orang tuntas atau sekitar 85,7% dan sebanyak 2 orang tidak tuntas atau sekitar 14,3%, dari temuan yang diperoleh dapat disimpulkan bawah penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMP Negeri 1 Bintang Bayu semester genap tahun ajaran 2020/2021.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

best

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology Public Health

Description

Jurnal BEST (Journal of Biology Education, Science & Technology) memuat tentang artikel hasil penelitian dan Kajian Konseptual Bidang Pendidikan, Sains Biologi, Pendidikan Biologi, dan Teknologi Pendidikan ataupun Teknologi Sains di bidang Biologi. Terbit 2 kali setahun pada bulan Januari s/d Juni ...