Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)
Vol 5, No 1 (2022): Juni 2022

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X IPA MAN 3 MEDAN PADA MATERI VIRUS DI MASA PANDEMI COVID-19

Dian Dara Purba (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Kartika Manalu (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Muhammad Akram Sya'rawi (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2022

Abstract

Penelitian quasi eksperimen ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis hasil belajar biologi siswa dengan menggunakan model blended learning, (2) Menganalisis hasil belajar biologi siswa dengan menggunakan model online learning, dan (3) Mengetahui peningkatan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran online learning  dan blended learning, (4)Mengetahui pengaruh blended learning terhadap hasil belajar biologi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif Kuantitatif dengan pengambilan sampel secara purposive sampling sebanyak dua kelas yang terdiri dari kelas eksperimen sebanyak 32 siswa dan kelas kontrol sebanyak 32 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes kognitif siswa yang dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar siswa dengan menggunakan model blended learning termasuk pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 71,9%. (2) Hasil belajar siswa dengan menggunakan model blended learning juga termasuk pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 71,9%. (3) Peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yaitu sebesar 44,8% dalam kategori sedang dan lebih baik dari peningkatan hasil belajar pada kelas kontrol sebesar 34,8% dalam kategori sedang. (4) Terdapat pengaruh model blended learning yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X IPA MAN 3 Medan dengan nilai p 0,05.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

best

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology Public Health

Description

Jurnal BEST (Journal of Biology Education, Science & Technology) memuat tentang artikel hasil penelitian dan Kajian Konseptual Bidang Pendidikan, Sains Biologi, Pendidikan Biologi, dan Teknologi Pendidikan ataupun Teknologi Sains di bidang Biologi. Terbit 2 kali setahun pada bulan Januari s/d Juni ...