Jurnal Hawa : Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak
Vol 3, No 2 (2021): Desember

The Effectiveness of Physical Touch for Tantrum Treatment on Autistics Child

Intan Alawiyah (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta)
Salsabila Salsabila (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2021

Abstract

Autisme adalah anak dengan gangguan perkembangan saraf yang dapat menyebabkan gangguan perilaku, gangguan komunikasi, gangguan sosial, gangguan sensorik, dan gangguan emosional, seperti tantrum (mengamuk). Gejala penyakit ini lebih sering diemukan pada masa kanak-kanak, namu bisa juga ditemukan pada masa dewasa. Autisme saat ini disebut gangguan spektrum autisme atau Autism Spectrum Disorder (ASD). Tantrum anak autis disebabkan oleh keusakan otak, yang membuat mereka tidak dapat mengontrol emosinya dan tiak dapat mengkomunikasikan emosi secara normal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar efektivitas sentuhan fisik pada penanganan anak autis saat tantrum. Penelitian ini dilaksanakan di SKH Negeri 01 PANDEGLANG tahun 2021. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini penulis memilih Guru khusus anak autis di sekolah, dan kerabat terdekat yang memiliki anggota keluarga berkebutuhan khusus. Kesimpulan penelitian bahwa efektivitas sentuhan fisik pada penanganan anak autis di saat tantrum sangat berpengaruh, selain sentuhan fisik ada penanganan lain yang bisa mencegah agar tidak terjadi tantrum pada anak autis, yaitu Diet dari makanan yang mengandung coklat, MSG dan pengawet.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

hawa

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Hawa is a scientific journal within the scope of gender and child studies with various applications of approaches, namely: psychology, education, law, sociology, literature, anthropology, and Islamic studies. It is a half-yearly published, exactly every June and December by Gender and Child Studies ...