Penelitian bertujuan untuk menghasilkan video pembelajaran pada materi tari kelas III SD yang valid dan praktis yang telah dikembangkan. Masalah difokuskan pada pengembangan video pembelajaran tari tenun songket berbasis budaya lokal untuk siswa SD Kelas III yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangkan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Develoment, Implementation, and Evaluasi). Data-data dikumpulkan melalui angket validasi yang diberikan kepada 2 orang dosen ahli materi dan 1 orang dosen ahli media, sedangkan kepraktisan video pembelajaran tari berbasis budaya lokal yang telah dikembangkan diukur dengan angket respon siswa yang telah diisi oleh siswa. Kajian ini menyimpulkan bahwa video pembelajaran yang dikembangkan dapat dinyatakan sangat valid berdasarkan penilaian ahli media dengan skor rata-rata 4,6: penilaian ahli materi yang pertama dengan skor rata-rata 4,6 dan penilaian ahli materi yang kedua dengan skor rata-rata 4,5. Video pembelajaran juga dinyatakan sangat praktis berdasarkan angket respon siswa dengan skor rata-rata 4,8.
Copyrights © 2022