Socius (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial) (Edisi Elektronik)
Vol 9, No 2 (2020): JURNAL SOCIUS

WOMEN'S EMPOWERMENT IN THE LOK BAINTAN FLOATING MARKET, SOUTH KALIMANTAN PROVINCE

Deasy Arisanty (Geography Education Study Program at Lambung Mangkurat University)
Karunia Puji Hastuti (Pendidikan Geografi ULM)
Sidharta Adyatma (Pendidikan Geografi ULM)
Parida Angriani (Pendidikan Geografi ULM)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2020

Abstract

Pasar terapung Lok Baintan merupakan ikon pariwisata di Provinsi Kalimantan Selatan. Kegiatan wisata di pasar terapung ini adalah kegiatan jual beli. Aktivitas jual beli disetujui oleh perempuan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis peran perempuan dalam kegiatan pariwisata, dan menganalisis pemberdayaan perempuan di Pasar Terapung Lok Baintan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam dengan perempuan pedagang dan pemerintah daerah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perempuan di kawasan Pasar Terapung Lok Baintan memiliki peran sebagai pedagang. Mereka mengumpulkan barang dagangan sendiri untuk kemudian dijual kembali di Pasar Terapung Lok Baintan. Pemberdayaan pedagang perempuan masih belum optimal. Pemberdayaan perempuan dalam bidang sosial ekonomi masih terbatas. Mereka bukan anggota organisasi pariwisata atau Pokdarwis. Pedagang perempuan masih terbatas dalam melakukan kegiatan pariwisata, mereka hanya berbicara tentang perdagangan, dan tidak ada keinginan untuk menambah penghasilan. Pedagang perempuan masih terbatas pada pemberdayaan politik. Mereka tidak memiliki peran untuk menentukan kebijakan pariwisata. Keberlanjutan pariwisata di Pasar Terapung Lok Baintan ditentukan oleh keinginan pedagang perempuan untuk melestarikan budaya sungai di Kalimantan Selatan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JS

Publisher

Subject

Education Environmental Science Social Sciences

Description

The Socius Journal compiles scientific articles that focus on issues of Social Studies Education. In particular, this issue not only covers the problem of learning, but also the description of local wisdom, the value of tradition and social phenomena that exist in ...