Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEK
Vol. 1 No. 1 (2021): Edisi Juli 2021

Branding UMKM untuk Meningkatkan Potensi Promosi dan Penjualan Secara Mandiri

Syarifah Fadillah Rezky (STMIK Triguna Dharma)
Rita Hamdani (STMIK Triguna Dharma)
Devri Suherdi (STMIK Triguna Dharma)
Kamil Erwansyah (STMIK Triguna Dharma)
Erika Fahmi Ginting (STMIK Triguna Dharma)
Pandi Barita Nauli Simangunsong (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2021

Abstract

Branding packaging merupakan salah satu cara untuk memikat calon konsumen UMKM dalam menentukan keputusan untuk membeli produk UMKM. Masih banyak pelaku UMKM yang tidak faham mengenai fungsi branding dan menciptakan branding produk mereka. Dari hasil survey angket yang kami berikan kepada pelaku UMKM di Binjai yang tergabung dalam organisasi IWAPI (Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia) 79% belum memahami peran branding produk khususnya sebagai cirikhas produk UMKM, untuk dapat bersaing dipasar global maka UMKM harus terus berinovasi dan mengembangkan produk mereka. Melalui kegiatan pengabdian Masyarakat ini memberi motivasi dan pengetahuan kepada pelaku UMKM khususnya di Binjai. Tujuan dari pengabdian ini selain memotivasi dan memberi sosialisasi kepada pelaku UMKM mengenai peran branding packaging dalam meningkatkan penjualan juga sebagai media promosi digital kepada konsumen, serta sinergi kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh akademisi. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini bersifat diskusi, ceramah dan praktik branding digital secara visual.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

adbimasiptek

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Journal for publication of the results of Community Service Based on the Application of Science and Technology. The journal provides direct open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of ...