Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa SMP Berbasis Masalah yang valid dan praktis pada materi Bentuk Aljabar. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation), namun pada penelitian ini tahap implementation dibatasi hanya untuk ujicoba kelompok kecil (small group). Pengambilan data penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Sumber Marga Telang. Pelaksanaannya mulai dari permulaan sampai akhir penelitian yaitu dari September 2020 sampai Januari 2021. Hasil penelitian ini diperoleh dari aspek kevalidan dan kepraktisan: a) aspek kevalidan diperoleh berdasarkan tiga penilaian validator terhadap isi, konstruk, dan bahasa dengan skor validator pertama 90,76% dalam kategori “sangat valid”, skor validator kedua 82,25% dalam kategori “sangat valid”, dan skor validator ketiga 84,55% dalam kategori “sangat valid”. b) aspek kepraktisan diperoleh berdasarkan 6 angket respon siswa yang diberikan pada tahap ujicoba kelompok kecil (small group) selesai dengan skor rata-rata 77,78% dalam kategori “praktis”.
Copyrights © 2021