KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat
Vol 5, No 1 (2022): Januari

Pembelajaran interaktif melalui game edukatif selama masa pandemi di TK AL Ghifari Bandung

Vera Suryani (School of Computing, Telkom University)
Bayu Erfianto (Universitas Telkom)
Andrian Rakhmatsyah (Universitas Telkom)
Fazmah Arif Yulianto (Universitas Telkom)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2022

Abstract

Kurikulum sekolah TK meliputi aspek motorik,maupun kognitif bagi anak usia pra-sekolah. Pembelajaran daring selama pandemi membuat anak cepat bosan, karena masa konsentrasi mereka belum bisa lama seperti halnya orang dewasa. Dibutuhkan perangkat bantu agar penyampaian materi lebih menarik dan tidak membosankan. Permainan merupakan salah satu cara penyampaian materi agar anak TK dapat belajar secara menyenangkan. Game edukatif merupakan perangkat bantu yang bersifat menarik bagi anak TK, dan melalui game ini materi pembelajaran dapat disampaikan secara menarik. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini ialah melakukan penyuluhan kepada guru PAUD TK Al-Ghifari Sukabirus mengenai cara penyampaian materi pembelajaran melalui game edukatif, serta pelatihan kepada anak TK mengenai cara penggunaan game edukatif tersebut. Game edukatif bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar melalui story telling, peningkatan konsentrasi, serta aspek computational thinking untuk usia pra-sekolah. Dari hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat di TK Al Ghifari Bandung di dapatkan bahwa perangkat dan modul pembelajaran yang diberikan sangat membantu proses belajar mengajar di TK Al Ghifari. Poin utama yang disasar adalah aspek motivasi dan konsentrasi anak usia TK.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

KACANEGARA

Publisher

Subject

Education

Description

KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Adisutjpto merupakan jurnal pengabdian pada masyarakat yang digunakan untuk mempublikasikan hasil pengabdian pada masyarakat yang dilakukan oleh civitas academica. Kacanegara terbit setiap bulan Januari dan Juli ini memiliki ISSN Cetak dengan nomor ...