Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel Marketing Mix terhadap Keputusan Pembelian pada Zufri swalayan yang berada di Kota Padangsidimpuana. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari variabel independen yaitu variabel Produk (X1), Harga (X2), Promosi (X3), serta variabel dependen adalah Keputusan Pembelian Konsumen (Y). Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode kuesioner dan wawancara. Untuk pengujian instrumen menggunakan uji Validitas, Reliabilitas, dan Uji Asumsi klasik. Untuk teknik analisis data menggunakan metode regresi linier berganda dengan uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat variabel secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Zufri swalayan (Y). Dari perhitungan uji F diperoleh F hitung 6,383 > F Tabel 3,85 dengan nilai p sebesar 0,003 <0,05. Selain itu nilai Adjusted R Square yang sebesar 0,232 yang berarti besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah 53,8%. Hasil analisis dengan menggunakan regresi linear berganda menunjukkan persamaan regresi sebagai berikut : Y = 1.744 + 0,456 X1 – 0,026 X2 + 0,012 X3 . Dan uji t diketahui bahwa secara parsial hanya variabel harga dan promosi yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel terikat sedangkan variabel lainnya tidak berpengaruh secara signifikan. Saran utama bagi Zufri Swalayan Kota Padangsidimpuan adalah penelitian yang berhubungan dengan perilaku konsumen khususnya mengenai pengaruh marketing mix terhadap pengambilan keputusan pembelian sekiranya dapat dijadikan acuan dalam mengambil kebijakan manajemen demi kemajuan usaha retail.
Copyrights © 2021