Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan model pembelajaran menulis berita berbasis pendekatan konstruktivis. Prosedur penelitian ini mengikuti prosedur pengembangan Borg & Gall. Subjek penelitian adalah mahasiswa dan dosen program studi PBSI di Universitas PGRI Semarang. Proses pengembangan ini menghasilkan produk berupa modul pembelajaran menulis berita berbasis pendekatan kontruktivis yang valid, praktis dan efektif. Nilai validitas modul secara keseluruhan adalah 85,36% dengan kategori sangat valid. Nilai praktis diperoleh melalui tiga cara, penilaian dari dosen sebesar 86,22% dengan kategori sangat praktis, penilaian dari mahasiswa sebesar 93,12% dengan kategori sangat praktis, dan penilaian aktivitas mahasiswa sebesar 88,59% dengan kategori sangat praktis. Indikator keberhasilan proses tampak pada keaktifan dan ketekunan mahasiswa dalam melaksanakan tahapan-tahapan kegiatan menulis berita berbasis pendekatan konstruktivis. Indikator keberhasilan hasil tampak pada peningkatan kualitas teks berita mahasiswa, baik pada aspek isi/substansi maupun aspek mekanik (ejaan dan tata tulis). Penilaian keefektifan modul diperoleh melalui pretest and postest design. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa modul pembelajaran menulis berita berbasis pendekatan kontruktivis praktis dan efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan menulis berita pada mahasiswa Prodi PBSI.
Copyrights © 2021