JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 10 No 1 (2022): Vol.10. No.1 2022

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MEMEBENTUK KARAKTER SISWA DI MI. TARBIYATUSSIBYAN TELUKJAMBE TIMUR KARAWANG

Dewi Ambarsari (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Astuti Darmiyati (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini mendiskripsikan mengenai pengimplementasian pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk karakter siswa di lingkungan sekolah Madrasah ibtidaiyah Kota Karawang. Pentingnya penerapan pendidikan akhlak dalam upaya menangani berbagai permasalahan kemerosotan moral yang terjadi di kalangan para pelajar Indonesia, membuat peran sekolah harus berupaya semaksimal mungkin khusunya dalam menciptakan atau meningkatkan mutu pendidikannya, baik itu bersifat umum ataupun keagamaan, karena fungsi pendidikan nasional sendiri memang di upayakan untuk mengembangkan berbagai kemampuan peserta didiknya, sekaligus membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, serta membentuk masyarakatnya agar mampu memiliki sikap mulia, berilmu, kreatif, mandiri, dan berwawasan luas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data dilakukan melalui triangulasi observasi, wawancara serta studi dokumentasi, dan hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Proses perencanaan implementasi nilai-nilai akidah akhlak dalam membentuk karakter siswa memang memiliki dasar dan tujuan yang sangat baik dimana dengan diterapkannya implementasi nilai-nilai akidah akhlak dalam membentuk karakter siswa tersebut di harapkan peserta didik dapat memahami dan mengamalkannya secara bertahap dengan tujuan mampu menjadi pribadi yang jauh lebih baik lagi, karena tujuan dari di kembangkannya pendidikan akidah akhlak di kalangan peserta didik dapat menumbuhkan karakter baru yang penuh dengan rasa tanggung jawab, selain itu proses pelaksanaan pengintegrasian pendidikan karakter melalui mata pelajaran akidah akhlak telah dilakukan dengan sesuai kurikulum yang berlaku dengan mengacu pada rencana proses pembelajaran yang digunakan di lingkungan sekolah, dimana di dalamnya meliputi kegiatan pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...