Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan
Vol 6, No 1 (2022): Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan

Pengelolaan Keuangan dan Strategi Promosi pada UMKM Peci Batik Jogokariyan Yogyakarta

Agus Dwi Cahya (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Abdul Aziz Suryadi (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Sherfina Tabatini Evany (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2022

Abstract

This research deals with financial management and promotion strategies in UMKM. Here the researchers chose the “Peci Batik Jogokariyan” UMKM. The purpose of this research is to find out how the management is carried out by the UMKM “Peci Batik Jogokariyan” and how the promotion strategies are carried out. Good UMKM is UMKM that carry out good and correct financial management and UMKM that have efficient promotional strategies. Financial management and promotional strategies are essential for increasing UMKM sales and the future development of UMKM. However, some UMKM has not carried out good and correct financial management and there are still many UMKM that do not have an efficient promotion strategy so that it becomes an obstacle for the development of these UMKM. However, in this study, the researchers obtained the results of the interview that UMKM “Peci Batik Jogokariyan” already has good and correct financial reports and has carried out an efficient promotion strategy so that they can continue to develop for UMKM. The data technique uses documentation, interviews, and observations and this type of research is descriptive exploratory. Penelitian ini berkaitan dengan pengelolaan keuangan dan strategi promosi dalam UMKM. Di sini peneliti memilih UMKM “Peci Batik Jogokariyan”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengelolaan yang dilakukan oleh UMKM “Peci Batik Jogokariyan” dan bagaimana strategi promosi yang dilakukan. UMKM yang baik adalah UMKM yang melakukan pengelolaan keuangan yang baik dan benar serta UMKM yang memiliki strategi promosi yang efisien. Pengelolaan keuangan dan strategi promosi merupakan hal yang penting bagi peningkatan penjualan UMKM serta perkembangan UMKM kedepannya. Namun beberapa UMKM belum melakukan pengelolaan keuangan yang baik dan benar serta masih banyak UMKM yang belum memiliki strategi promosi yang efisien sehingga itu menjadi kendala bagi perkembangan UMKM tersebut. Namun dalam penelitian ini, peneliti mendapatkan hasil wawancara bahwa UMKM Peci Batik Jogokariyan telah memiliki laporan keuangan yang baik dan benar serta telah melakukan strategi promosi yang efisien sehingga bisa terus melakukan perkembangan bagi UMKM. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan dokumentasi, wawancara, dan observasi jenis penelitian ini eksploratif deskriptif. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jmbk

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan (E-ISSN: 2598-0289) is a peer-reviewed journal, which provides a forum for publishing scientific articles in management and business field, including genuine research result, novel scientific review, and critics or comments about management nowadays. Jurnal ...