Majalah Ekonomi
Vol 22 No 2 (2017): Desember

PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN BELANJA DI INDOMARET

Sujani, Sujani (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2017

Abstract

Ritel merupakan salah satu peluang bisnis yang menawarkan berbagai jenis barang dan jasa dari ratusan merek di pasaran. Persaingan setiap produk yang ditawarkan berdampak pada konsumen untuk membuka peluang dalam memilih varian produk. Untuk menunjang minat calon konsumen dalam belanja, maka pilihan varian produk yang ditawarkan harus berkualitas dengan harga competative. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis terhadap perilaku konsumen untuk belanja di Indomaret. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengambilan data dilakukan dengan mengambil sampel populasi secara sampling purposive di wilayah Surabaya dan Gresik (daerah perbatasan). Data diperoleh dari kuesioner yang dibagikan kepada 120 responden dan yang memenuhi syarat untuk sampel sejumlah 114. Hasil penelitian, diperoleh : (1). Faktor pribadi dan psikologis berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian; (2) Faktor budaya tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian; (3). Faktor sosial tidak layak dijadikan alat variabel penentu, sebab pola arah variabel ini tidak konsisten.

Copyrights © 2017