Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS
Vol 5, No 2 (2019): JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT IPTEKS

Inovasi Media Pembelajaran Al-Qur’an Di TPQ Ar-Rahman Desa Ganggang Panjang

Ima Faizah (Unknown)
Puspita Handayani (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2019

Abstract

Taman Pendidikan al-Qur’an merupakan lembaga pendidikan informal yang menjadi tumpuan orang tua dalam meningkatkan kemampuan membaca dan memahami al-qur’an bagi anak-anak. Sebagaimana pendidikan formal yang dikelola dengan sangat baik dan sesuai standar, TPQ pun harus demikian untuk menjamin kualitas input yang diberikan akan sebanding dengan baiknya output yang dihasilkan. Salah satu  hal yang seringkali disepelekan dalam pengelolaan TPQ adalah pada proses pembelajaran yang dilaksanakan tanpa memperhatikan aspek-aspek yang dapat mempengaruhi minat dan daya tarik anak untuk belajar. Pembelajaran yang berlangsung di TPQ terkesan menggunakan metode, strategi, dan media pembelajaran yang ‘apa adanya’ dan minim inovasi. Permasalahan inilah yang terjadi di TPQ ar-Rahman. Solusi yang ditawarkan adalah melalui inovasi media pembelajaran al-Qur’an berupa alat peraga lembar balik Iqra’

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT IPTEKS adalah publikasi dari Lembaga Penelitian dan pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jember berupa tulisan yang diterbitkan secara berkala, jurnal ini diterbitkan dua kali dalam satu tahun yaitu bulan Mei dan Desember. Tujuan dari publikasi jurnal ...