Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia
Vol 9, No 2 (2019): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia

Kualitas Pelayanan Sebagai Determinan Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Bangun Drajat Warga

Dana Suswati (Unknown)
Fitroh Adillah (Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta)
Purwoko Purwoko (Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah, PT. BPR Syariah Bangun Drajat Warga (BPRS BDW) Yogyakarta.  Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 86 nasabah dengan pendekatan CARTER yaitu kualitas pelayanan dan menguji aspek kepuasan nasabah ditinjau dari sudut kepatuhan terhadap ketentuan syariah. Uji validitas dilakukan dengan menggunakan metode confirmatory faktor analysis dan pengukuran reliabilitas menggunakan Cronbach alpha. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa kepatuhan, bukti fisik, ketanggapan, keandalan, jaminan tidak  berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah. Namun, variabel empati berpengaruh positif  dan signifikan terhadap kepuasan nasabah BPRS BDW.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

SMBI

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Sains dan Manajemen Bisnis Indonesi adalah jurnal ilmiah dalam sains manajemen dan bisnis yang dikhususkan untuk publikasi hasil-hasil penelitian empirik maupun penelitian kepustakaan dalam bidang manajemen dan bisnis. Jurnal ini dikelola Oleh Magister Ilmu Manajemen dan Bisnis Universitas ...