Jurnal Sosial Humaniora Sigli
Vol 4, No 2 (2021): Desember 2021

PENGUNAAN TEKS DESKRIPSI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAAN MENULIS SISWA (Studi Penelitian Eksperimental di Bimbingan Belajar Fast Learning Center Banda Aceh)

Andrian Andrian (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis siswa dengan menggunakan teks deskriptif, yang difokuskan pada teks deskriptif. Instrumen penelitian ini adalah tes dan wawancara. Subjek utama penelitian ini adalah 23 siswa kelas Intermediate di Bimbingan Belajar Fast Learning Center. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 12 – 15 Oktober 2021. Data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari tes dan data kualitatif diperoleh dari wawancara dengan guru bahasa Inggris. Setelah dilakukan analisis data, nilai pretes terendah 20 dan skor tertinggi 40. Selain itu, skor postes terendah 60 dan skor tertinggi 80. Hal ini menunjukkan peningkatan siswa setelah diajar dengan menggunakan teks deskriptif. , data tersebut mengungkapkan bahwa Ho ditolak karena Zhitung 112,71 lebih tinggi dari Ztabel 1,67. Hasil wawancara guru bahwa guru memberikan respon positif terkait dengan pertanyaanpertanyaan yang diberikan oleh peneliti. Terdiri dari 5 (lima) pertanyaan berdasarkan teks deskriptif. Namun dalam mengajarkan kemampuan menulis siswa dengan menggunakan teks deskriptif dapat mencapai peningkatan siswa terhadap keterampilan menulis siswa. Hal ini terlihat dari peningkatan nilai siswa dalam pembelajaran menulis dengan menggunakan teks deskriptif siswa kelas Intermediate di Bimbingan Belajar Fast Learning Center.Kata Kunci: Teks Deskriptif, Peningkatan, Penulisan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JSH

Publisher

Subject

Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Sosial dan Humaniora Sigli, terbitan ini berisi artikel bidang ilmu Pendidikan, keguruan, hukum, administrasi negara dan ilmu Sosial lainnya diterbitkan secara berkala 6 bulanan. JSH diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jabal Ghafur dengan ...