Winter Journal: IMWI Student Research Journal
Vol. 1 No. 1 (2020): Agustus 2020

Penerapan Prinsip-Prinsip Good Corporate Governance pada Program Corporate Social Responsibility

Nur Asiah (Institut Manajemen Wiyata Indonesia)
Sri Haryanti (Institut Manajemen Wiyata Indonesia)
Zulkarnain Zulkarnain (Institut Manajemen Wiyata Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini membahas penerapan prinsip-prinsip GCG melalui program CSR dan mencoba menelaah berbagai kebijakan yang diterapkan di berbagai negara dalam penerapan CSR sebagai gambaran bagi Indonesia dalam menerapkan kebijakan agar CSR dapat fokus dan terarah. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kajian literatur. Penelusuran literatur melalui mesin pencari online dari database Google Scholar, Directory of Open Access Journals (DOAJ), Elsevier, dan Wiley Online Library. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah Indonesia tepat menggunakan system mandatory, apabila CSR hanya didasarkan pada prinsip sukarela, hal ini tentu tidak dapat dijalankan dengan efektif dan terukur dalam penerapan CSR. CSR sebaiknya memiliki kekuatan hukum yang mengikat dan kepastian legal serta menjadi sebuah kewajiban yang harus dijalankan perusahaan. Kewajiban yang harus dijalankan perusahaan berupa kewajiban dalam mengeluarkan hasil laporan kegiatan CSR kepada masyarakat. Selain itu perlu langkah awal yang juga penting dalam penerapan GCG, pemerintah Indonesia dapat membentuk badan ataupun lembaga khusus yang bertugas dalam menjalankan konsep GCG dan pengimplementasian CSR di Indonesia. Sehingga diharapkan penerapan CSR akan lebih terfokus dan terarah.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

winter

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Winter Journal: IMWI Student Research Journal publishes research findings from IMWI students in the fields of technology, communication science, visual communication design, accounting, and business ...