Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan
Pendekatan Multidisiplin Menuju Teknologi dan Industri yang Berkelanjutan

ANALISA SEGMENTASI KONSUMEN MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING

Sulistyowati Sulistyowati (Jurusan Sistem Informasi, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya)
Basma Eno Ketherin (Jurusan Sistem Informasi, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya)
Amalia Anjani Arifiyanti (Jurusan Sistem Informasi, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya)
Anwar Sodik (Jurusan Sistem Informasi, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2018

Abstract

Segmentasi konsumen adalah sebuah strategi yang dilakukan dengan membagi konsumen menjadi kelompok-kelompok konsumen yang berbeda yang memiliki karakteristik, perilaku, atau kebutuhan yang berbeda. Segmentasi konsumen ini penting karena dapat digunakan sebagai data pendukung untuk menentukan strategi pemasaran yang efektif dan efisien bagi supervisor marketing dalam kegiatan promosi penjualan produk. Untuk menentukan segmentasi konsumen, dilakukan dengan clustering yaitu dengan cara mengelompokkan data berdasarkan karakterisrik konsumen. Sehingga pada penelitian ini, proses clustering dilakukan dengan cara mengelompokkan data konsumen berdasarkan tiga atribut yaitu, jenis motor,jenis pembelian dan pekerjaan. Data yang digunakan adalah data penjualan sepeda motor pada dealer Honda. Proses pengelompokan konsumen dilakukan dengan menggunakan Algoritma K-Means. Algoritma ini bekerja dengan cara membagi data dalam k cluster. Setiap cluster ditentukan atas kedekatan jarak tiap?tiap data dengan titik tengahnya (mean point). Dari hasil perbandingan aplikasi dengan menggunakan software SPSS diperoleh hasil selisih dari masing-masing cluster dengan jumlah rata-rata 7%. Hal ini disebabkan karena centroid awal yang dipilih secara acak.

Copyrights © 0000