Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Vol. 3 No. 1 (2022): Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)

Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Dirumah Sakit X

Tri Purnama Sari (STIKes Hang Tuah Pekanbaru)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2022

Abstract

Keberhasilan rumah sakit dalam menjalankan fungsinya ditandai dengan kualitas pelayanan kesehatan yang baik di rumah sakit. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan itu sendiri, rumah sakit harus bisa menjaga kepuasan pasien, karna kepuasan pasien baik terutama pada ruang rawat inap pasien. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap di rumah sakit. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi berganda dimana sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 200 orang pasien. Hasil penelitian menunjukkan Keseluruhan dimensi kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan yang artinya semakin baik kualitas pelayanan mulai dari bukti fisik, data tanggap, kehandalan, jaminan dan empati yang diberikan oleh rumah sakit akanmampu meningkatkan kepuasan pasien dan sebaliknya.   Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan, rumah sakit

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

msej

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) is published by Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI) as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of management (Finance, Human Resource, ...