Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian
Vol. 1 No. 1 (2015): Vol. 1 No. 1 September 2015

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI POKOK PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DI KELAS IV SD KAREN BANTUL

Winarni Winarni (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2015

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran langsung dengan mind map dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS materi pokok perkembangan teknologi di kelas IV SD Karen Bantul. Penerapan model pembelajaran langsung memberikan banyak kesempatan untuk meningkatkan aktivitas siswa dan kemampuan belajarnya. Belajar siswa menjadi terstruktur dengan mengacu pada tahapan/sintaks yang meliputi: (1) Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa, (2) Mendemonstrasikan pengetahuan dan keterampilan, (3) Membimbing pelatihan, (4) Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik, (5) Memberikan kesempatan untuk pelatihan lanjutan dan penerapan. Sedangkan mind map menjadikan siswa tertarik, memiliki kreatifitas, lebih fokus dan mampu mengingat materi yang dipelajari. Hal ini yang dapat berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain Kemmis Taggart model siklus berulang (spiral), yang meliputi 3 tahapan, yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan dan Observasi, dan (3) Refleksi. Data penelitian diperoleh dari observasi dan tes. Observasi dilakukan untuk mengamati aktivitas siswa selama pembelajaran, sedangkan tes untuk mengukur kemampuan/hasil belajar siswa.Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus. Hasil penelitian pada siklus 1 menunjukkan bahwa persentase aktivitas siswa mencapai 70,30%, sedangkan persentase ketuntasan belajar siswa  mencapai 62,50%. Hasil ini belum memenuhi indikator keberhasilan yang diharapkan sebesar 80%. Dalam proses pembelajaran diketahui bahwa masih terdapat beberapa kendala, antara lain: siswa kurang fokus dalam belajar, baru pertama mengenal mind map, inisiatif untuk bertanya, berpendapat/ berbicara masih kurang, dan belum mampu menyimpulkan materi yang telah dipelajari. Selanjutnya peneliti melanjutkan pembelajaran pada siklus 2 dengan melakukan perbaikan terhadap rancangan pembelajaran ataupun dalam melaksanakan proses pembelajarannya. Hasil yang diperoleh pada siklus 2 menunjukkan bahwa  persentase aktivitas siswa mencapai 81,10%, sedangkan persentase ketuntasan belajar siswa  mencapai 87,50%. Hasil ini telah memenuhi indikator keberhasilan yang diharapkan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran langsung dengan mind map dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS materi pokok  perkembangan teknologi di kelas IV SD Karen Bantul.Kata Kunci: Model Pembelajaran Langsung, Mind Map, Hasil Belajar

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

PD

Publisher

Subject

Education

Description

The Journal focus and scope: Research in the field of scientific concept of basic education includes mathematics, science, social studies, civics and Indonesian. ...