Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian
Vol. 4 No. 2 (2018): Vol. 4 No. 2 Mei 2018

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN SOGE KANDANGHAUR INDRAMAYU

Siti Muswaroh (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
11 May 2018

Abstract

ABSTRACTThis research aims to describe of execution of social studies by using cooperative learning model think pair share with media puzzles of class of V SDN Soge Kandanghaur Indramayu. This research design uses Classroom Action Research (CAR) model of Kemmis and Mc.Taggart. The research model consist of plan, act and observe, and reflect. Method of descriptive research qualitative.. Data collecting used by method observation and tes. This research showed result that 1) activity of students reach 75% at cycle I, 85,23% at cycle II and 89% at cycle III. 2) result of student learning outcomes of cycle I and cycle II by using cooperative learning model think pair share with media puzzles show improvement that 56,25% at cycle I and 75% at cycle II and 89% at cycle III. Based on these results it can be concluded that student learning activities and student learning outcomes has increased.  Keywords : Activity, Learning Outcomes, Think Pair Share With Media Puzzles ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantuan media puzzle kelas V SDN Soge Kandanghaur Indramayu. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc.Taggart. Model penelitian ini terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan observasi serta tahap refleksi. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa 1) aktivitas siswa baik pada siklus I, II maupun siklus III menunjukkan peningkatan yang signifikan dengan persentase pada siklus I sebesar 75% menjadi 85,23% pada siklus II, dan 89% pada siklus III. 2) hasil belajar siswa dapat dilihat dari peningkatan ketuntasan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantuan media puzzle pada siklus I sebesar 56,25% menjadi 75% pada siklus II, dan 93,75 % pada siklus III. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa keaktifan dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Kata Kunci: Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Think Pair Share Berbantuan Media Puzzle

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

PD

Publisher

Subject

Education

Description

The Journal focus and scope: Research in the field of scientific concept of basic education includes mathematics, science, social studies, civics and Indonesian. ...