Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian
Vol. 5 No. 2 (2019): Vol. 5 No. 2 Mei 2019

MATERI NASIONLISME PADA BUKU TEKS IPS SD BERDASARKAN KURIKULUM KTSP

Abd. Malik Dachlan (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
11 May 2019

Abstract

ABSTRACTThis research aims to determine how nationalism is narrated in Social Science Education textbooks elementary fourth grade based on SBC curriculum 2006. This research is a descriptive qualitatively used content analysis of textbooks fourth grade social studies and works Tantya Hisnu P. Winardi with the titles of Social Sciences for Primary School and works Retno Heny Pujiati and Umi Yuliati with the title of the book Smart Social Sciences Grade 4 Primary School. The method of this research is analysis of the content (content analysis). Techniques of the content analysis covers the following efforts: classification symbols used in the communication, the criteria in the classification,  the prediction and the use of certain techniques to make predictions. Overall the materials presents nationalism has contextual and proportionate without ignoring standards of competence and basic competence curriculum SBC as what is described in the material by text books I and II. Both textbooks itself reflect the real corresponding to everyday life. Description of the material also presents academic, persuade students to think, practice, direct labor, and social skills. The material also involves daily activities, daily life, social issues, and everyday learners. Keywords: Text Book, Social Science Education, School Based Curriculum (SBC), Nasionalisme. ABSTRAK                                                                                          Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah nasionalisme dinarasikan dalam buku ajar IPS SD kelas IV SD berdasarkan kurikulum KTSP 2006. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode analisis isi terhadap buku ajar IPS kelas IV karya Tantya Hisnu dan P. Winardi dengan judul buku Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD/MI  dan karya Retno Heny Pujiati dan Umi Yuliati dengan judul buku Cerdas Pengetahuan Sosial untuk Kelas 4 SD/MI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (content analysis). Secara teknik content analysis mencangkup upaya-upaya : klasifikasi lambang-lambang yang di pakai dalam komunikasi, menggunakan kriteria dalam klasifikasi, dan menggunakan prediksi dan menggunakan teknik tertentu dalam membuat prediksi. Secara keseluruhan materi nasionalisme yang disajikan telah kontekstual dan proporsional tanpa mengabaikan standar kompetensi dan kompetensi dasar kurikulum KTSP, apa yang di uraikan dalam materi oleh buku ajar I dan buku ajar II adalah persoaalan nyata yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari. Uraian materi yang disajikan juga sudah memuat kecakapan akademik, mengajak siswa berpikir, praktek, kerja langsung, serta kecakapan sosial, materi yang disajikan juga telah melibatkan kegiatan sehari-hari, kehidupan sehari-hari, melibatkan masalah-masalah sosial sehari-hari yang ada dilingkungan peserta didik. Kata Kunci: Buku Teks, IPS, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Nasionalisme.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

PD

Publisher

Subject

Education

Description

The Journal focus and scope: Research in the field of scientific concept of basic education includes mathematics, science, social studies, civics and Indonesian. ...