Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian
Vol. 7 No. 3 (2021): Vol. 7 No. 3 September 2021

UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM PENGGUNAAN MEDIA ZOOM MEETING UNTUK PJJ (Penelitian Tindakan Sekolah di SDN 1 Tanjung Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya)

Caswita Caswita (SDN 1 Tanjung Kecamatan Kawalu Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2021

Abstract

Latar belakang Masalah yang dikemukakan dalam penelitian adalah rendahnya kompetensi guru dalam menggunakan aplikasi zoom meeting untuk pembelajaran jarak jauh dalam melaksanakan kebijakan pembelajaran pada masa pandemik Covid-19. Sementara itu tugas guru salah satunya adalah melaksanakan pembelajaran kreatif dan inovatif agar tercapai tujuan pembelajaran secara maksimal dalam kondisi apapun. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru menggunakan aplikasi zoom meeting dalam pembelajaran jarak jauh melalui IHT di SDN 1 Tanjug Kec. Kawalu Kota Tasikmalaya tahun pelajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan sekolah (PTS) dengan dua siklus pelaksanaan masing-masing siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I kompetensi guru mencapai mencapai 50% dari sebelumnya pra-siklus hanya sebanyak 30% yang masuk kategori kompeten. Sedangkan pada siklus II mencapai 70% guru yang kompeten dengan demikian telah mencapai indikator keberhasilan penelitian yaitu 70% dari keseluruhan guru. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa kompetensi menggunaan aplikasi zoom meeting untuk pembelajaran jarak jauh di SDN 1 Tanjung Kec. Kawalu Kota Tasikmalaya dapat ditingkatkan melalui In House Training (IHT).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

PD

Publisher

Subject

Education

Description

The Journal focus and scope: Research in the field of scientific concept of basic education includes mathematics, science, social studies, civics and Indonesian. ...