Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika
Vol 3 No 2 (2021): Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika | Juni 2021 - November 2021

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING PADA MATERI OPERASI VEKTOR

Maria J Jaiman (SMA Santa Angele Atambua)
Indira Krisanti Lengkong (SMA Santa Angele Atambua)
Samuel Igo Leton (Universitas Katolik Widya Mandira)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi operasi vektor melaui pendekatan reciprocal teaching. Subyek dalam penelitian ini yaitu peserta didik Kelas X IPA SMA Santa Angela Atambua yang berjumlah 12 orang. Dalam mengumpulkan data, peniliti menggunakan beberapa instrumen, antara lain: lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran; lembar penilaian respons peserta didik, dan tes. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil analisis data pada siklus 1, menunjukkan bahwa secara umum terdapat peningkatan hasil belajar siswa walaupun peningkatan tersebut dalam kategori rendah (nilai N-gain = 0,283); Kemampuan guru mengelola pembelajaran dalam kategori cukup baik; dan respon peserta didik dalam kategori kurang baik. Hasil analisis data pada siklus 2, menunjukkan adannya peningkatan penguasaan akan konsep matematik dan peningkatan tersebut dalam ketegori sedang (nilai N-gain: 0,584); Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dalam kategori baik dan respon peserta didik dalam kategori baik. Dengan demikian, kami menyimpulkan bahwa pendekatan reciprocal teaching dapat meningkatkan hasil belajar matematik siswa khususnya pada materi operasi vektor, meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan juga dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika khususnya pada materi operasi vektor.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ASIMTOT

Publisher

Subject

Mathematics

Description

ASIMTOT : Jurnal Kependidikan Matematika diterbitkan oleh program studi pendidikan matematika UNWIRA. pISSN 2685-9009 (media cetak) eISSN 2685-9580 ASIMTOT : Jurnal Kependidikan Matematika bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian-penelitian yang terkait dengan bidang pendidikan matematika ...