Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian (SNHRP)
Vol. 2 (2019): Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian (SNHRP) Ke 2 Tahun 2019

Hubungan Nilai Pretest dan Postest Pada Pembelajaran Model Motivasi Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS) Siswa Kelas 1 SD CHARIS Malang

Lidia Susanti (Pendidikan Agama Kristen-STIPAK Malang)



Article Info

Publish Date
04 May 2021

Abstract

Motivasi dapat menjadi pendorong dan pengarah perilaku peserta didik dalam berupaya dan bekerja keras mencapai tujuan. Motivasi ARCS adalah motivasi yang beracuan kepada empat kategori, attention, relevance, confidence, satisfaction. Kelebihan motivasi ARCS adalah menggunakan pendekatan pembelajaran yang sistematis dan komprehensif dengan tujuan untuk meningkatkan daya tarik pembelajaran. Hasil penelitian ini memiliki nilai Kolmogorof Pretest 0.200 > 0.05 dan Posttest 0.053 > 0.05. Nilai korelasi menunjukkan nilai sig. 2 tailed pretest dan posttest 0.02 < 0.05, artinya menunjukkan ada hubungan yang positif antara pretest dan posttest. Nilai regresi linier menunjukkan nilai 0.02<0.05 hal ini terbukti ada pengaruh pemberian motivasi ARCS pada pembelajaran ini Kata kunci : pretes, postest, motivasi ARCS

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

snhrp

Publisher

Subject

Other

Description

Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian (SNHRP) merupakan salah satu ajang mempertemukan para peneliti disemua bidang pada tingkat nasional. Tujuan diadakan kegiatan ini agar peneliti akan mampu mengembangkan jaringan sosial, bertukar pengetahuan dan membangun jaringan yang kuat antara komunitas ...