Jurnal Janitra Informatika dan Sistem Informasi
Vol. 1 No. 2 (2021): Oktober - Jurnal Janitra Informatika dan Sistem Informasi

Implementasi Framework Laravel dalam Sistem Reservasi pada Restoran Cindelaras Kota Medan

Geubrina Rizka Utami Sinaga (Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Samsudin Samsudin (Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2021

Abstract

Restoran merupakan salah satu jenis usaha pangan dilengkapi dengan penyajian dan penjualan makanan dan minuman. Reservasi merupakan aktifitas memesan tempat atau barang, reservasi dan restoran sering dikaitkan karena pemesanan tempat dan menu mempermudah pelanggan restoran sehingga pilihan reservasi menjadi pilihan yang tepat untuk pelanggan yang ingin memesan terlebih dahulu dan akan datang setelahnya. Restoran Ayam Penyet Cindelaras merupakan salah satu restoran yang populer bagi masyarakat jika ingin melakukan reservasi, masyarakat atau pelanggan yang melakukan reservasi pada restoran cindelaras masih menggunakan cara manual, yaitu dengan mendatangi restoran. Hal ini masih belum efektif dan efisien mengingat tidak semua pelanggan yang melakukan reservasi dapat meluangkan waktu untuk sekedar datang melakukan reservasi. Oleh sebab itu, diperlukan sebuah sistem informasi pemesanan yang mampu mewujudkan reservasi yang efektif dan efisien, penerapan sistem ini menggunakan pengembangan Waterfall dan menggunakan tools UML dibangun dengan bahasa pemograman PHP serta MySQL sebagai database server dan Laravel sebagai frameworknya. Sistem Informasi Layanan Pemesanan ini menyajikan cara reservasi tempat dan menu yang ada pada restoran dan cara pembayaran melalui money transfer / m-banking.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

home

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering

Description

Jurnal Janitra Informatika dan Sistem Informasi (e-ISSN: 2775-9490) is a peer-reviewed national journal that aims to bring together research work in the area of information and communication technology, information system, multimedia system, and computational intelligence, including theories, ...