cover
Contact Name
Edi Sutoyo
Contact Email
redaksi@janitra.org
Phone
+6281381694837
Journal Mail Official
redaksi@janitra.org
Editorial Address
Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia) Jl. Pasar Atas No 3, Kompleks Setramas Kota Cimahi, Bandung
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Janitra Informatika dan Sistem Informasi
ISSN : -     EISSN : 27759490     DOI : https://doi.org/10.25008/janitra
Jurnal Janitra Informatika dan Sistem Informasi (e-ISSN: 2775-9490) is a peer-reviewed national journal that aims to bring together research work in the area of information and communication technology, information system, multimedia system, and computational intelligence, including theories, methods, tools, technologies, applications, and so on. The Journal stresses on academic excellence, research rigidity, knowledge distribution, and reciprocated scholarly efforts in order to endorse theoretical, experimental, and practical research. The Journal is published by the Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia). Accepted paper will be available online (free access), and there will be no publication fee. The journal publishes only articles related to the use of informatics and information systems that broadly covers the following topics, but are not limited to: Artificial intelligence Autonomous reasoning Bio-inspired algorithms Bio-informatics Cloud computing Data science Data mining Data visualization Decision support systems Deep learning Evolutionary computation Fuzzy logic Human-Computer Interaction Hybrid intelligent systems, Adaptation and Learning Systems IoT and smart environments Knowledge mining Machine learning Neural networks Pattern recognition Soft computing Prediction systems Signal and image processing System modeling and optimization Time series prediction Web intelligence
Articles 16 Documents
Analisis Optimalisasi Manajemen Daya Chiller Untuk Rencana AC Sentral Industri Anggara Trisna Nugraha; Mayda Zita Aliem Tiwana; Alwy Muhammad Ravi
Jurnal Janitra Informatika dan Sistem Informasi Vol. 1 No. 1 (2021): April - Jurnal Janitra Informatika dan Sistem Informasi
Publisher : Indonesian Scientific Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (971.9 KB) | DOI: 10.25008/janitra.v1i1.106

Abstract

Saat ini kebutuhan energi listrik untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, gedung dan industri semakin meningkat yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Dengan pertumbuhan penduduk dan pertumbuhan ekonomi, permintaan ini akan terus meningkat. Tentunya karena energi listrik ini digunakan dalam jumlah besar, maka perlu dilakukan peningkatan efisiensinya. Pusat perbelanjaan adalah salah satu pengguna listrik terbesar, terutama dalam hal sistem pendingin. Oleh karena itu, perlu adanya penghematan energi di pusat perbelanjaan. Industri merupakan salah satu pusat perbelanjaan besar yang baru saja dibuka, dan karena penyewa masih sedikit, maka pusat perbelanjaan tersebut masih relatif sepi, sehingga industri perlu menghemat energi karena konsumsi energi yang rendah. Dengan mengoptimalkan power management dan menghitung nilai coefficient of performance (COP) chiller, maka dapat dibangun pusat perbelanjaan hemat energi pada sistem HVAC (khususnya chiller). Melalui analisis didapatkan COP meningkat menjadi 0,584, dan nilai sebelum optimasi sebesar 6,181. Dengan meningkatnya COP, kinerja chiller akan meningkat. Efisiensi energi listrik yang dioptimalkan dari cooler adalah 138,82 kWh / hari.
Penggunaan Algoritma Interferensi dan Observasi Untuk Sistem Pelacak Titik Daya Maksimum Pada Sel Surya Menggunakan Konverter DC-DC Photovoltaics Anggara Trisna Nugraha; Alwy Muhammad Ravi; Mayda Zita Aliem Tiwana
Jurnal Janitra Informatika dan Sistem Informasi Vol. 1 No. 1 (2021): April - Jurnal Janitra Informatika dan Sistem Informasi
Publisher : Indonesian Scientific Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2149.766 KB) | DOI: 10.25008/janitra.v1i1.107

Abstract

Efisiensi modul sel surya (sel fotovoltaik) masih rendah, tergantung pada radiasi matahari dan suhu modul fotovoltaik. Oleh karena itu diperlukan suatu teknologi untuk mengoptimalkan daya keluaran modul fotovoltaik (PV) yang biasa disebut dengan teknologi maximum power point tracking (MPPT). Di antara semua strategi MPPT, distraction (P&O) adalah teknik yang mudah digunakan. Untuk menggunakan teknologi MPPT, diperlukan konverter DC-DC. Penelitian ini mengusulkan beberapa konverter DC-DC, seperti buck converter, boost, buck-boost, cuk dan sepic untuk mendapatkan titik daya maksimum (MPP) dari modul PV yang berdiri sendiri. Uji perubahan radiasi matahari digunakan untuk mengevaluasi daya keluaran PV. Tercatat beberapa perbandingan, seperti tegangan terbaik untuk masing-masing konverter DC-DC, riak yang dihasilkan dan daya keluaran terbaik, melalui penelitian simulasi, evaluasi, perbandingan kinerja dan karakteristik masing-masing konverter DC-DC. Perangkat lunak PSIM digunakan untuk mensimulasikan sistem.
Pengembangan Aplikasi E-Commerce Untuk Pemasaran Biji dan Bubuk Kopi Berbasis Web : (Studi Kasus D’Votee Coffee) Muhammad Faris; Arief Wisaksono
Jurnal Janitra Informatika dan Sistem Informasi Vol. 1 No. 1 (2021): April - Jurnal Janitra Informatika dan Sistem Informasi
Publisher : Indonesian Scientific Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3847.624 KB) | DOI: 10.25008/janitra.v1i1.116

Abstract

Kegiatan seorang pengusaha dalam memasarkan produknya sekarang dapat dipermudah, karena sudah adanya internet sebagai sarana untuk jual beli secara online. D’Votee Coffee merupakan sebuah coffee roastery yang menjual berbagai macam jenis biji kopi single origin, yang masih menggunakan sistem penjualan dengan cara lama, sehingga kurang maksimal dalam melakukan pemasaran produk. Metodologi yang digunakan mengacu pada metodologi Sistem Informasi SDLC, walaupun tidak di singgung secara langsung terlihat jelas memang dari segi struktur menyelesaikan suatu permasalahan dan pengembangannya. Penelitian menghasilkan sebuah website, yang mampu menjadi sebuah wadah untuk D’Votee Coffee dalam memasarkan produk kopinya. Serta dapat berkontribusi pada penjualan D’Votee Coffee, karena akan lebih mudah untuk melakukan penjualan biji kopi secara online, dapat memperluas wilayah penjualan serta dapat meningkatkan omzet penjualan.
Implementasi Algoritme Random Forest Pada Klasifikasi Dataset Credit Approval Nur Widjiyati
Jurnal Janitra Informatika dan Sistem Informasi Vol. 1 No. 1 (2021): April - Jurnal Janitra Informatika dan Sistem Informasi
Publisher : Indonesian Scientific Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (433.736 KB) | DOI: 10.25008/janitra.v1i1.118

Abstract

Knowledge Discovery in Database (KDD) atau yang lebih dikenal dengan data mining merupakan suatu penyelesaian masalah dengan melakukan analisis terhadap data yang disajikan dalam database. Data mining dapat dikolaborasikan dengan ilmu lainnya. Salah satunya pada bidang ekonomi. Pemanfaatan data mining dalam bidang ekonomi seringkali digunakan untuk proses credit approval atau pemberian kredit kepada nasabah. Pada penelitian yang dilakukan sebelumnya mayoritas menggunakan single classifier, hal ini akan menimbulkan sebuah permasalahan baru ketika dalam dataset credit approval terdapat kondisi high dimensional dan ketidakseimbangan kelas. Keberadaan kondisi tersebut dapat menyebabkan kinerja single classifier menjadi tidak maksimal. Oleh karena itu pada penelitian ini akan menggunakan metode ensemble yaitu algoritme Random Forest. Berdasarkan pengujian yang dilakukan menunjukkan algoritme Random Forest mampu menghasilkan akurasi sebesar 87.3 %, TPR sebesar 86 % dan TNR sebesar 89 %. Dengan demikian algoritme yang diusulkan yaitu Random Forest mampu menghasilkan nilai akurasi, TPR, dan TNR yang lebih baik dibandingkan single classifier lainnya. Dengan adanya peningkatan nilai tersebut diharapkan penelitian ini mampu menjadi referensi untuk pengembagan berbagai sistem yang mendukung dan memaksimalkan tingkat keberhasilan proses pemberian kredit kepada nasabah menggunakan data mining.
Pengembangan Sistem Informasi Wedding Organizer Menggunakan Pendekatan Sistem Berorientasi Objek Pada CV Pesta Mustar Aman; Suroso
Jurnal Janitra Informatika dan Sistem Informasi Vol. 1 No. 1 (2021): April - Jurnal Janitra Informatika dan Sistem Informasi
Publisher : Indonesian Scientific Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2368.23 KB) | DOI: 10.25008/janitra.v1i1.119

Abstract

Dengan adanya perkembangan Information and Communication Technology (ICT) yang sangat pesat sekarang ini, tentu turut berdampak besar juga pada perubahan yang sangat signifikan dalam berbagai bidang, Wedding Organizer  pada abad ini mengalami perkembangan yang cukup pesat dan diminati para pelaku usaha karena memiliki peluang yang cukup menjanjikan termasuk di kota-kota besar seperti Tangerang. CV Pesta merupakan sebuah usaha jasa yang bergerak di bidang dekorasi pernikahan, tata rias dan busana, hiburan, dokumentasi photography. Hingga saat ini penyewaan Wedding Organizer pada CV Pesta dapat menerima 15-20 client dalam satu bulan. Masalah yang terjadi pada penyewaan Wedding Organizer pada CV Pesta adalah sistem pengelolaan data belum terkomputerisasi karena proses pengolahan data selama ini masih konvensional dan list daftar penyewaan dan event yang belum terinci. Tujuan penelitian untuk mengetahui sistem penyewaan Wedding Organizer dengan menggunakan analisis konseptual dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat apa saja pada CV Pesta. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian ini diketahui managemen dapat dilihat pada beberapa proses yaitu membuat perincian harga paket, melakukan fitting baju, penyusunan rundown acara, pelaksanaan sebelum akad sampai selesai resepsi, fotografer, tim make up pengantin serta tim crew lainya. 
Implementasi Flask Framework pada Pembangunan Aplikasi Purchasing Approval Request Dinda Fitri Ningtyas; Nina Setiyawati
Jurnal Janitra Informatika dan Sistem Informasi Vol. 1 No. 1 (2021): April - Jurnal Janitra Informatika dan Sistem Informasi
Publisher : Indonesian Scientific Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1331.485 KB) | DOI: 10.25008/janitra.v1i1.120

Abstract

Pengajuan permintaan pembelian kebutuhan barang kantor menjadi salah satu contoh interaksi yang sering dilakukan oleh karyawan. Untuk melakukan pengajuan, karyawan akan mengisi form dengan detail mengenai barang, tujuan, dana yang diperlukan, proses pembayaran, serta daftar nama atasan penyetuju. Lama waktu dalam pemberian persetujuan menjadi salah satu kendala yang dialami karyawan dalam proses pengajuan pembelian. Dari latar belakang masalah yang telah dijelaskan, maka dapat disimpulkan bahwa diperlukannya sebuah sistem manajemen workflow guna meningkatkan efektivitas waktu serta mempermudah karyawan baik dalam melakukan purchasing request maupun melakukan approval. Memanfaatkan framework Flask yang dimiliki oleh Python, maka akan dibangun sebuah sistem Purchasing Approval Request yang nantinya akan membantu karyawan dalam menyelesaikan permasalahan yang dialami. Hasil dari penelitian yang dilakukan berupa implementasi framework Flask berdasarkan aristektur Model View Controller dengan metode Rapid Application Development pada pembangunan aplikasi Purchasing Approval Request yang merupakan sebuah aplikasi manajemen workflow berbasis web. Dengan adanya aplikasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan efektivitas waktu dalam kegiatan purchasing request dan approval.
Implementasi Framework Laravel dalam Sistem Reservasi pada Restoran Cindelaras Kota Medan Geubrina Rizka Utami Sinaga; Samsudin Samsudin
Jurnal Janitra Informatika dan Sistem Informasi Vol. 1 No. 2 (2021): Oktober - Jurnal Janitra Informatika dan Sistem Informasi
Publisher : Indonesian Scientific Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1680.795 KB) | DOI: 10.25008/janitra.v1i2.131

Abstract

Restoran merupakan salah satu jenis usaha pangan dilengkapi dengan penyajian dan penjualan makanan dan minuman. Reservasi merupakan aktifitas memesan tempat atau barang, reservasi dan restoran sering dikaitkan karena pemesanan tempat dan menu mempermudah pelanggan restoran sehingga pilihan reservasi menjadi pilihan yang tepat untuk pelanggan yang ingin memesan terlebih dahulu dan akan datang setelahnya. Restoran Ayam Penyet Cindelaras merupakan salah satu restoran yang populer bagi masyarakat jika ingin melakukan reservasi, masyarakat atau pelanggan yang melakukan reservasi pada restoran cindelaras masih menggunakan cara manual, yaitu dengan mendatangi restoran. Hal ini masih belum efektif dan efisien mengingat tidak semua pelanggan yang melakukan reservasi dapat meluangkan waktu untuk sekedar datang melakukan reservasi. Oleh sebab itu, diperlukan sebuah sistem informasi pemesanan yang mampu mewujudkan reservasi yang efektif dan efisien, penerapan sistem ini menggunakan pengembangan Waterfall dan menggunakan tools UML dibangun dengan bahasa pemograman PHP serta MySQL sebagai database server dan Laravel sebagai frameworknya. Sistem Informasi Layanan Pemesanan ini menyajikan cara reservasi tempat dan menu yang ada pada restoran dan cara pembayaran melalui money transfer / m-banking.
Implementasi K-Means Untuk Pengelompokan Status Gizi Balita (Studi Kasus Banjar Titih) Ni Komang Sri Julyantari; I Komang Budiarta; Ni Made Dewi Kansa Putri
Jurnal Janitra Informatika dan Sistem Informasi Vol. 1 No. 2 (2021): Oktober - Jurnal Janitra Informatika dan Sistem Informasi
Publisher : Indonesian Scientific Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (539.686 KB) | DOI: 10.25008/janitra.v1i2.134

Abstract

Gizi pada balita dipengaruhi oleh faktor sosioekonomi dan latar belakang sosial budaya yang berhubungan dengan pola makan dan nutrisi. Nutrisi yang tidak adekuat dalam lima tahun pertama kehidupan berakibat pada gangguan pertumbuhan dan perkembangan fisik, mental dan otak yang bersifat irreversible. Ukuran keberhasilan dalam pemenuhan nutrisi adalah status gizi. Status gizi balita mencerminkan tingkat perkembangan dan kesejahteraan masyarakat dalam suatu negara serta berhubungan dengan status kesehatan anak di masa depan. Pencatatan status gizi pada Banjar Titih telah dilakukan setiap bulan oleh petugas dengan mencatat status gizi secara langsung dengan metode antropometri yakni mencatat berat badan dan umur balita pada KMS (Kartu Menuju Sehat). Selain itu ada faktor lain yang mempengaruhi status gizi balita yaitu konsumsi makanan dari balita serta pengaruh faktor ekologi dari tempat tinggal orang tua yang belum tercatat oleh petugas. Dari beberapa penelitian yang telah dilakukan tersebut maka diusulkan sebuah analisa dalam pengelompokan status gizi yang ada pada Banjar Titih menggunakan metode K-Means. K-Means merupakan salah satu metode clustering/pengelompokan non hirarki. Teknik pengelompokkan datanya sederhana dan cepat. Sehingga dengan menggunakan metode K-Means dapat memberikan informasi kelompok cluster status gizi balita pada Banjar Titih.
Rancang Bangun Sistem Informasi Mixing dan Formula Cat (Studi Kasus: CV. Aneka Warna) Soetam Wicaksono; Yosua Chandra
Jurnal Janitra Informatika dan Sistem Informasi Vol. 1 No. 2 (2021): Oktober - Jurnal Janitra Informatika dan Sistem Informasi
Publisher : Indonesian Scientific Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1162.586 KB) | DOI: 10.25008/janitra.v1i2.135

Abstract

Aneka Warna merupakan usaha toko cat ritel yang berkantor pusat di Jl. Raya Panglima Sudirman No.7, Kota Probolinggo, CV Aneka Warna melayani penjualan cat mobil untuk proses pengecatan ulang atau sebagian. Dalam proses penjualan cat terdapat tahap pencampuran dari berbagai cat warna dasar dengan komposisi tertentu menjadi warna cat yang sesuai dengan permintaan pelanggan. CV. Aneka Warna mempunyai 3 kantor cabang yaitu di Genteng, Lumajang, dan Banyuwangi. Banyaknya jumlah cabang menyebabkan proses integrasi data menjadi lambat dan susah untuk kondisi sekarang yang menggunakan Microsoft Excel dan layanan Google Drive serta pemilik tidak dapat melihat laporan penjualan, pembelian, dan persediaan secara terbaru dikarenakan laporan baru diperbarui pada jam tutup kantor. Oleh karena itu dibutuhkan sistem informasi untuk mengotomatiskan dan mengintegrasikan proses bisnis. Metode pengembangan sistem informasi menggunakan three major phases. Sistem informasi yang dibangun berbasis website untuk manajemen master data, transaksi pembelian, penjualan, persediaan, formula cat, mixing, serta pelaporan. Hasil penelitian berupa implementasi perbaikan proses bisnis secara tersistem pada bagian pembelian, persediaan, penjualan dan pencatatan formula pada CV. Aneka Warna. Dengan mengembangkan sistem informasi proses bisnis operasional CV. Aneka Warna dapat berjalan lebih efektif dan efisien serta data antar cabang menjadi terintegrasi.
Analisis Kualitas Layanan Website Universitas Udayana Menggunakan Metode WebQual 4.0 Modifikasi Haris Sutrisno; Dwi Putra Githa; Anak Agung Ngurah Hary Susila
Jurnal Janitra Informatika dan Sistem Informasi Vol. 1 No. 2 (2021): Oktober - Jurnal Janitra Informatika dan Sistem Informasi
Publisher : Indonesian Scientific Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (683.135 KB) | DOI: 10.25008/janitra.v1i2.137

Abstract

Universitas Udayana adalah universitas yang memanfaatkan website dalam penyampaian informasi. Berdasarkan penelitian sebelumnya dengan studi kasus website Universitas Udayana yang sudah dilakukan belum membahas mengenai kepuasan pengguna terhadap kualitas layanan website sehingga diperlukan sebuah analisis dengan Metode WebQual 4.0 Modifikasi dan penambahan variabel user interface quality. Metode WebQual 4.0 Modifikasi berfokus pada variabel usability quality, information quality, interaction quality dan interface quality. Penelitain ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanana website terhadap kepuasan pengguna serta memberikan rekomendasi perbaikan website terhadap Universitas Udayana. Secara keseluruhan variabel usability quality, information quality, interaction quality, interface quality memiliki pengaruh  positif  terhadap  kepuasan pengguna,   ditunjukkan   dari   hasil uji t usability quality 0.044 information quality 0.048 interaction quality 0.047 dan interface quality 0.044 lebih kecil dari nilai signifikasni = 0,05 dan rekomendasi diberikan kepada pengelola dengan indikator-indikator presentase kualitas layanan rendah guna untuk meningkatkan kepuasan pengguna.

Page 1 of 2 | Total Record : 16