Pengetahuan Covid-19 di kalangan tenaga pendidik sangat berpengaruh terhadap tingkat kecemasan para tenaga pendidik dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai pengajar di bidang pendidikan terutama di masa pandemi yang dapat mengurangi produktivitas di tempat kerja bagi tenaga pendidik. Penelitian ini untuk mengambarkan variabel atribut, pengetahuan Covid-19, tingkat kecemasan pada tenaga pendidik.Metode dalam peneltian ini adalah deskriptif korelasi dengan menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 93 responden. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner Zhung Self Anxiety Stress Scale(ZSAS) untuk mengukur pengetahuan COVID-19 dan tentang kecemasan menggunakan Depression Anxiety Stress Scales (DASS 42). Data akan dianalisis dengan menggunakan frekuensi dan presentasi secara univariat. Analisa secara bivariat dengan Spearmen Rho. Berdasarkan hasil penelitian mengenai gambaran pengetahuan covid-19 dengan tingkat kecemasan pada tenaga pendidik dapat disimpulkan bahwa gambaran pengetahuan dengan tingkat kecemasan para tenaga pendidik pada kategori baik sebesar (78,26%) dengan jumlah sebanyak 93 responden. Oleh karena itu, tidak ada hubungan yang signifikan antara masing-masing karakteristik dengan kecemasan dan pengetahuan Covid-19.
Copyrights © 2021