Majalah Kesehatan Masyarakat Aceh (MaKMA)
Vol 1, No 2 (2018): Majalah Kesehatan Masyarakat Aceh (MaKMA)

ANALISIS PENGETAHUAN DAN KEPEMILIKAN JAMBAN DENGAN KEBIASAAN BUANG AIR BESAR SEMBARANGAN (BABS) (Studi Kasus di Desa Seumantok Kecamatan Sampoinet Kabupaten Aceh Jaya)

Husna, Husna (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2018

Abstract

Sanitasi, personal hygiene dan lingkungan yang buruk berkaitan dengan penularan beberapa penyakit infeksi yaitu penyakit diare, cacingan dan sebagainya. Perilaku buang air besar sembarangan dapat menimbulkan pencemaran sumber air dan bau busuk serta estetika. BABS dapat berdampak pada timbulnya berbagai penyakit dan pencemaran lingkungan. Desa Semantok Kecamatan Sampoinet Kabupten Aceh Jaya memiliki akses sanitasi yang masih rendah dan termasuk salah satu desa yang bermasalah dengan perilaku BABS. Penelitian ini merupakan survei analitik bertujuan mengetahui hubungan pengetahuan dan kepemilikan jamban dengan kebiasaan masyarakat BABS di Desa Seumantok Kecamatan Sampoinet Aceh Jaya menggunakan rancangan crossectional. Populasi penelitian yang dilakukan pada JuliAgustus 2017 ini adalah seluruh kepala keluarga (101 KK) yang memiliki jamban tapi belum tau apakah masih BABS. Sampel penelitian sebanyak 55 KK diperoleh berdasarkan rumus Lameshow. Alat yang digunakan adalah kuesioner. Hasil penelitian dianalisis secara Univariate dan Bivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan dan kepemilikan jamban dengan BABS di Desa Seumantok (P0,05). Hasil ini menyimpulkan bahwa masyarakat Desa Seumantok masih melakukan BABS walaupun memiliki jamban. Diharapkan kepada pihak terkait untuk melakukan penyuluhan mendalam tentang penggunaan jamban yang sehat dan dampak BABS terutama terkait kesehatan lingkungan dan wabah penyakit menular.Kata Kunci: BABS, Kepemilikan Jamban, Pengetahuan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

MaKMA

Publisher

Subject

Arts Humanities Health Professions Materials Science & Nanotechnology Neuroscience Nursing

Description

Majalah Kesehatan Masyarakat Aceh (MaKMA) with E-ISSN: 2621-8178 and P-ISSN: 2654-5934, DOI prefix code: 10.32672 is an official journal of the Public Health Faculty Serambi Makkah University, Aceh Province. It publishes original papers on: Epidemiology; Health Education and Behaviour Science; ...