Joined Journal (Journal of Informatics Education)
Vol 4 No 2 (2021): Volume 4 Nomor 2 (2021)

Pemilihan Guru Berprestasi menggunakan Metode Simple Additive Weighting dengan Rank Order Centroid

Anang Faktchur Rachman (Unknown)
Sholeh Rachmatullah (Unknown)
Syaiful Bahri (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2022

Abstract

Guru sebagai pendidik professional hendaknya memiliki kemampuan edukatif serta kepribadian baik yang dapat dijadikan contoh untuk membentuk karakter siswa sehingga bisa menghasilkan manusia yang berakhlak mulia. Agar pendidik selalu termotivasi untuk selalu mengembangkan diri, dapat diberikan reward atau penghargaan. Salah satunya dengan jalan memberikan penghargaan yang dapat berupa pemberian predikat pendidik berprestasi. Berkaitan dengan hal tersebut, SMK Negeri 1 Sampang memberikan perhatian serius untuk dapat memotivasi pendidik untuk melakukan pengembangan diri, salah satunya dengan melakukan pemilihan guru berprestasi setiap tahunnya. namun proses penghitungan penilaian masih dilakukan secara manual yang menyebabkan beberapa pihak merasa dirugikan. Fokus penelitian dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) dengan Rank Order Centroid (ROC) untuk menghasilkan solusi dalam melakukan pemilihan guru berprestasi secara objektif. Ada beberapa tahapan aplikasi yaitu pengumpulan data penelitian, analisis sistem, pengembangan aplikasi menggunakan studi lapangan, dan studi literatur. Implementasi aplikasi berbasis Web menggunakan Diagram Konteks, Data Flow Diagram, Flowchart, dan CDM PDM, Pengujian prototipe aplikasi menggunakan desain antarmuka pengguna. Penggunaan metode SAW dan ROC dalam proses penilaian guru berprestasi di SMKN 1 Sampang memberikan kemudahan dalam melakukan pengambilan keputusan secara lebih tepat dan cepat karena didasarkan pada bobot preferensi dan nilai kriteria yang telah ditentukan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jiptika

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Education Engineering Other

Description

The scope of this journal specializes in topics related to Informatics Education, learning using information technology, and innovation in other informatics ...