Chemistry Education Practice
Vol. 4 No. 3 (2021): November

Pengembangan Modul Praktikum Kimia Bahan Alam: Isolasi Senyawa Stigmasterrol dari Daun Tumbuhan Majapahit (Crescentia cujete)

Shalat Muliani (Universitas Mataram)
Aliefman Hakim (Universitas Mataram)
Syarifa Wahidah Al Idrus (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul praktikum kimia bahan alam isolasi senyawa stigmasterol dari daun tumbuhan majapahit (Crescentia cujete). Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model 4D (define, desaign, develop dan disseminate). Proses isolasi senyawa menggunakan metode modifikasi yang diawali dengan tahap maserasi, penguapan, rekristalisasi dan identifikasi struktur dengan menggunakan spektroskopi IR dan UV-Vis. Hasil penelitian diperoleh kristal/serbuk berwarna putih sebanyak 400 mg. Hasil pengukuran spektrum IR menunjukkan pita serapan pada bilangan gelombang 3456,72 cm-1, 2918,32 cm-1, 2849,74 cm-1, 1638,57 cm-1, 1473,5 cm-1, 1463,36 cm-1, 1288,43 cm-1, 729,94 cm-1, 719,6 cm-1. Hasil pengukuran spektrum UV-Vis menunjukkan serapan maksimum pada bilangan gelombang 243 nm. Berdasarkan hasil analisis spektroskopi, senyawa hasil isolasi merupakan stigmasterol dengan rumus molekul C29H48O. Modul yang dikembangkan dianalisis kevalidannya dengan rumus indeks Aiken dan didapatkan nilai V 0,79 dengan kategori valid dan hasil dilakukan analisis reliabilitas dengan nilai 0,89 sehingga modul layak digunakan. Analisis kepraktisan modul untuk semua aspek  didapatkan rata-rata kepraktisan angket respon mahasiswa 82% dengan kategori sangat praktis.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

CEP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Chemistry Education Practice (ISSN Cetak 2654-8119 dan ISSN Online 2656-3940) adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Program Pendidikan Kimia, Fakultas Pendidikan Guru Pelatihan dan Pendidikan, Universitas Mataram. Jurnal ini merupakan jurnal open access. Jurnal Chemistry Education ...