The Indonesian Journal of Health Science
Vol 12, No 2 (2020): The Indonesian Journal of Health Science

Dukungan Keluarga dan Manajemen Hipertensi

Sri Wahyuni (Program Studi S1 Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Jember, Jl. Karimata No. 49 Kecamatan Sumbersari, Jember, Jawa Timur)



Article Info

Publish Date
09 Apr 2021

Abstract

Latar Belakang dan Tujuan: Manajemen hipertensi sangat penting dilakukan untuk meningkatkan keberhasilan pengobatan hipertensi dan mencegah komplikasi. Penelitian ini ingin mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan manajemen hipertensi. Metode: Metode deskriptif dengan studi cross-sectional yang dilakukan terhadap klien hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Sukowono sejumlah 50 klien dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Hasil: Hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata usia pasien hipertensi 47.14 tahun (antara 44.49-49.79 tahun). Laki-laki 22 (44%) dan perempuan 28 (56%). Mayoritas responden suku madura (87.2%), sudah menikah (100%), berpendidikan hanya tamat SD (70%), dan pekerjaan ibu rumah tangga (48%). Dukungan keluarga mayoritas rendah (52%) dan 67% pasien hipertensi tidak melakukan manajemen hipertensi dengan baik. Klien hipertensi dengan dukungan keluarga baik, mempunyai manajemen hipertensi lebih baik dibandingkan klien hipertensi dengan dukungan keluarga kurang (p value 0.05). Simpulan dan Implikasi: Dukungan keluarga yang rendah diketahui menjadi salah satu faktor rendahnya manajemen hipertensi pada pasien, sehingga berdampak pada rendahnya angka keberhasilan pengobatan hipertensi atau menjadi hipertensi yang tidak terkontrol. Salah satu strategi yang dapat dilakukan adalah mengoptimalkan dukungan keluarga.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

TIJHS

Publisher

Subject

Health Professions Neuroscience Nursing Public Health

Description

The Indonesian Journal of Health Science merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi S1 Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan dan diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Jember, dengan nomor p- ISSN: 2087-5053; e-ISSN: 2476-9614. Jurnal ini pertama kali terbit pada tahun ...