Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar
Vol 6 No 1 (2022)

Hubungan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD

Abdul Hafid (Universitas Negeri Makasar)
Sudirman Sudirman (Universitas Negeri Makasar)
Muhammad Amran (Universitas Negeri Makasar)
Magvira Magvira (Universitas Negeri Makasar)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2022

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kreativitas guru dalam pembuatan media pembelajaran, dimana guru adalah peran utama dalam pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis korelasi yang bertujuan untuk mengetahui hubungan kreativitas guru dalam pembelajaran dengan prestasi belajar siswa kelas V SD Inpres 12/79 Lonrae. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis statistik inferensial menunjukkan thitung sebesar (4,9640) lebih besar (>) dari nilai ttabel sebesar (1,66660) pada taraf signifikan 5% sehingga dapat dikatakan terdapat hubungan yang signifikan antara kreativitas guru dalam pembelajaran dengan prestasi belajar siswa. Dari kesimpulan tersebut, maka dampak yang dihasilkan dari penelitian ini diketahui bahwa kreativitas guru dalam pembelajaran akan meningkatkan prestasi belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

autentik

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Autentik is a journal published by Elementary School Teacher Education (PGSD), STKIP PGRI Sumenep. This Journal aimed as media communications and informations around teaching practice and elementary education implementations from various ...