NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 8, No 8 (2021): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

ANALISIS SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT TENTANG PELAYANAN PERIJINAN PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (DPM-PTSP) KOTA KEDIRI)

suwarno suwarno (Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Kadiri)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2021

Abstract

Pandemi  Covid19 berkepanjangan sampai saat ini menyebabkan berbagai  sendi pekerjaan dan interaksi social mengalai keterpurukan, demikian juga dengan yang terjadi pada masyarakat yang memiliki berbagai usaha, baik itu mikro maupun makro. Oleh  karena itu pemerintah memberikan berbagai kemudahan kepada masyarakat dalam hal pengurusan  SIUP  baik itu secara manual maupun dengan memanfaatkan teknologi computer (Satelit) yang lebih dikenal dengan Online Single Submission.  Kemudahan tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan pergerakan usaha masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk  mendeskripsikan  dan menganalisis Kepuasan Masyarakat  tentang pelayanan  terpadu di Dinas Perijinan Kota  Kediri. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif sebab melalui pendekatan tersebut diperoleh informasi atau temuan yang original tentang kondisi masyarakat dalam melakukan pengurusan SIUP. Teknik penentuan informan dengan teknik purposive.  Adapun observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai alat pengumpulan data. Data yang diperoleh harus valid, oleh karena itu data yang terkumpul diuji dengan uji validasi melalui teknik triangulasi, yang selanjutnya dianalisis dengan analisis Interaktif dari Moleong.  Hasil Penelitian, pada umumnya masyarakat mengalami kepuasan yang  cukup tinggi terhadap unit Dinas perijinan (DPMPTSP). Hal ini didasarkan pada persyaratan yang cukup sederhana dan mudah untuk  dipenuhi, prosedur yang sederhana, waktu pelayanan yang cepat, biaya atau tarif yang terjangkau, produk yang jelas sesuai dengan bidang usaha,  petugas yang sesuai dengan kompetensinya, prilaku yang menyenangkan dan menguasai tupoksi, dan didukung yang untuk sementara dapat mendukung pelaksanaan pelayanan dengan tepat, cepat dan berdaya guna.   

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...