NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 8, No 5 (2021): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGELOLAAN SAMPAH DI KOTA BANDUNG (STUDI KASUS KANGPISMAN DI KELURAHAN SUKAMISKIN KECAMATAN ARCAMANIK)

Aep Saepudin (Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bandung)
Deden Hadi Kushendar (Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Guna Nusantara)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Program Kurangi, Pisahkan, Manfaatkan (KangPisMan) dalam pengelolaan sampah dan penelitian ini dimaksudkan untuk mengeksplorasi mengenai pengelolaan sampah di Kota Bandung melalui Program KangPisMan. Kendala-kendala dalam keberhasilan kebijakan program KangPisMan, diantaranya sumber daya manusia yang kurang memiliki kesadaran terhadap memilah sampah, kurangnya lahan untuk mengelola sampah dan kekurangan dana karena terhambatnya dana untuk program KangPisMan terkait pandemi covid-19. Metode yang digunakan adalah kualitatif studi kasus dengan informan yang dipilih menggunakan sampling bertujuan (purposive) dengan 7 orang informan. Dalam mengatasi kurangnya kesadaran melalui sosialisasi pemilahan dan pengelolaan sampah. Lalu meminta izin kepada pemilik tanah jika di daerah tersebut memiliki lahan kosong untuk pengelolaan sampah. Kemudian diadakan swadaya murni dari masyarakat melalui program iuran yang dikoordinir oleh Ketua Rukun Warga.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...