Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol. 5 No. 1 (2022): Volume 5 Nomor 1 Tahun 2022

PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MINAT KELAS 5 SDN 12 LANGKANAE KOTA PALOPO

Hasmawati Hamzah (Universitas Cokroaminoto Palopo)
Suaedi (Universitas Cokroaminoto Palopo)
Ma'rufi (Universitas Cokroaminoto Palopo)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2022

Abstract

ABSTRAK Hasmawati. 2021. Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Minat Siswa Kelas 5 SDN 12 Langkanae Kota Palopo (di bimbing oleh Suaedi dan Ma`rufi). Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan minat siswa kelas 5 SDN 12 Langkanae Kota Palopo sebelum dan setelah diajarkan pembelajaran matematika berbasis etnomatematika.(2).Mengetahui apakah pembelajaran matematika berbasis etnomatematika dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas 5 SDN 12 Langkanae Kota Palopo. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, jenis desain penelitian ini adalah Pra- Eksperimental designs dengan model one group pretets-posttes, sedangkan strategi yang digunakan adalah pembelajaran matematika berbasis etnomatematika yaitu permainan tradisional Sulawesi Selatan baguli dan ma`dende. Adapun Instrument dari penelitian ini adalah lembar angket minat pretest dan posttest, untuk mengukur minat belajar siswa. Perlakuan yang diberikan pada penelitian ini pembelajaran berbasis etnomatematika. Hasil penelitian ditemukan bahwa: (1). Sebelum diajarkan pembelajaran berbasis etnomatematika terdapat 2 kategori yaitu tinggi dan cukup, jumah siswa yang berkategori tinggi dengan persentase 67%, siswa dengan kategori cukup persentase 33%, setelah diajarkan pembelajaran berbasis etnomatematika kategori sangat tinggi persentase 48%, siswa dengan kategori tinggi 52% tidak ada berkategori cukup. (2). Terdapat pengaruh peningkatan minat setelah diajarkan pembelajaran berbasis etnomatematika H1 : µg1 > 0.299 dengan skor gain sebesar 0,4250. Kata Kunci: Minat, dan Etnomatematika

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

proximal

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Proximal publishes research results, literature studies, and scientific papers on mathematics and mathematics education. Published scientific studies include Mathematics Teaching, Development of Mathematics Education, Mathematical Sciences, Applied Mathematics, Actuarial Mathematics, and related ...