Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis kriteria penilaian dan kebutuhan data di akreditasi program pendidikan profesi guru; 2) mengembangkan inovasi instrumen akreditasi untuk meningkatkan efektvitas proses akreditasi; dan 3) menguji tingkat daya tarik inovasi instrumen akreditasi untuk meningkatkan efektivitas proses akreditasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development. Penelitian dimulai dengan metode kualitatif untuk menemukan kriteria penilaian dan kebutuhan data di akreditasi. Setelah itu, dilakukan pengembangan inovasi instrumen. Pada tahap awal, pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi. Selanjutnya, dilakukan pengujian ahli media. Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Malang. Informan meliputi dosen, mahasiswa, dan stakeholder. Hasil dan temuan penelitian ini antara lain: 1) komponen-komponen kriteria penilaian dan kebutuhan data di akreditasi program pendidikan profesi guru 2) faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas proses akreditasi; dan 3) inovasi instrumen akreditasi yang dikembangkan memiliki daya tarik dan memiliki tingkat kelayakan yang tinggi (berdasarkan hasil uji ahli). Kata kunci:. Inovasi instrumen; Program pendidikan profesi guru;Sistem Akreditasi
Copyrights © 2021