JOM FTK UNIKS : Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Kuantan Singingi
Vol 2 No 2 (2021): Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Kuantan

ANALISIS PARTISIPASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KALIGRAFI (Studi Deskriptif pada Siswa Kelas IX C di MTs Ponpes Syafa’aturrasul)

Siti Nyaik Wulandari (Unknown)
Sopiatun Nahwiyah (Unknown)
Helbi Akbar (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2022

Abstract

Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi keoptimalan siswa dalam mata pelajaran Kaligrafi adalah partisipasi belajar. Berdasarkan tinjauan yang peneliti lakukan di Kelas IX C MTs Syafa’aturrasul, Batu Ampar, Beringin Teluk Kuantan, ditemukan permasalahan berikut: (1) Hasil belajar siswa tidak menonjol pada mata pelajaran Kaligrafi; (2) Siswa tidak semangat dalam mengikuti pembelajaran Kaligrafi; (3) Siswa kurang disiplin dalam pembelajaran; (4) Rendahnya atensi terhadap materi yang diajarkan. Berdasarkan permasalahan di atas, perlu dilakukan suatu penelitian untuk dapat mengetahui bagaimana sebenarnya partisipasi belajar siswa pada mata pelajaran Kaligrafi tersebut. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran Kaligrafi dan siswa kelas IX C MTs Pondok Pesantren Syafa’aturrasul, Batu Ampar, Beringin Teluk Kuantan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara via WhatsApp dengan fitur video call dikarenakan situasi pandemi COVID-19 serta dokumentasi beberapa dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis model Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi belajar siswa pada mata pelajaran Kaligrafi kelas IX di MTs Syafa’aturrasul, Batu Ampar, Beringin Teluk Kuantan adalah rendah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JOM

Publisher

Subject

Religion Chemistry Education

Description

Pendidikan Kimia yang mencakup pengembangan model/media pendidikan dan menerapkan hasil penelitian laboratorium di bidang pengembangan pendidikan kimia yang terintegrasi dengan konsep ...