JOM FTK UNIKS : Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Kuantan Singingi
Vol 2 No 2 (2021): Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Kuantan

UPAYA GURU DALAM MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VII DI SMP NEGERI 4 KECAMATAN PANGEAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Ekis Yulanda (Unknown)
Andrizal Andrizal (Unknown)
Zulhaini Zulhaini (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh karena Di SMP Negeri 4 Pangean proses belajar mengajarnya masih menoton dan kurang menarik, metode ceramah yang membuat siswa kurang semangat dalam belajar, semangat dan motivasi siswa dalam belajar terlihat main-main,dan siswa menjadi bosan dan tidak tertarik dalam belajar sehingga membuat siswa ribut dikelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru dalam mengembangkan prestasi siswa yang menggunakan media video animasi dan yang tanpa menggunakan media video animasi, serta mengetahui motivasi belajar siswa dengan menggunakan media video animasi dan yang tidak menggunakan vidio animasi pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi pekerti Di SMP Negeri 4 Pangean dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 4 Pangean , dengan jumlah populasi sebanyak 16. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dari lapangan adalah teknik observasi,ekperimen, wawancara, angket, dan dokumentasi. Jadi Upaya guru dalam menggunakan media video animasi Di Kelas VII SMP Negeri 4 Pangean sebesar 68,75% dikategorikan Baik,serta Pengaruh video animasi terhadap meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pangean sebesar 62,5% dikategorikan sangat berpengaruh Dan, Terdapat pengaruh yang signifikan upaya guru menggunakan vidio animasi terhadap meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa di SMP Negeri 4 Kecamatan Pangean, sebab harga rhitung (14) ≥ rtabel 5% (0,532) dan 1% (0,661). Dari hasil inteprestasi koefisien korelasi menunjukkan tingkat pengaruh kedua variabel pada kategori Cukup Kuat.”.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JOM

Publisher

Subject

Religion Chemistry Education

Description

Pendidikan Kimia yang mencakup pengembangan model/media pendidikan dan menerapkan hasil penelitian laboratorium di bidang pengembangan pendidikan kimia yang terintegrasi dengan konsep ...