JOM FTK UNIKS : Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Kuantan Singingi
Vol 2 No 2 (2021): Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Kuantan

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Kelas IV MI Hubbul Wathan Petai Kecamatan Singingi Hilir

Lesi Yunita (Unknown)
Sopiatun Nahwiyah (Unknown)
Andrizal Andrizal (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2022

Abstract

LESI YUNITA, 160307029 “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist kelas IV MI Hubbul Wathan Petai Kecamatan Singingi Hilir”, (2020) Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Kuantan Singingi. Menerapkan model pembelajaran dalam proses pembelajaran merupakan suatu cara yang sangat mudah untuk mencapai tujuan pembelajaran. Disamping itu untuk mencapai keberhasilan proses pembelajaran perlu memperhatikan model pembelajaran yang digunakan, agar materi yang disampaikan lebih mudah diserap atau ditangkap peserta didik. Model pembelajaran yang digunakan harus bertitik tolak dari tujuan pembelajaran, sebab model pembelajaran pada dasarnya adalah suatu rencana untuk mencapai tujuan dari pembelajaran. Penelitian dilatar belakangi dengan permasalahan hasil belajar siswa yang rendah. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Al-Qur’an Hadist kelas IV MI Hubbul Wathan Petai Kecamatan Singingi Hilir.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, teknik tes dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 Siklus, hal ini dilakukan agar guru dapat melihat hasil belajar siswa dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, mengalami peningkatan mulai dari pra tindakan (Pra Siklus) persentasenya 54,55%, Siklus I persentasenya 68,18% dan Siklus II persentasenya 90,91%. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa “Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Mi Hubbul Wathan Petai Kecamatan Singingi Hilir” dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JOM

Publisher

Subject

Religion Chemistry Education

Description

Pendidikan Kimia yang mencakup pengembangan model/media pendidikan dan menerapkan hasil penelitian laboratorium di bidang pengembangan pendidikan kimia yang terintegrasi dengan konsep ...