JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika)
Vol 3, No 2 (2017)

PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TALKING STICK DAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA

Riska Pantriyastuti (Prodi Pendidikan Matematika, STKIP PGRI Tulungagung)
Muhammad Ilman Nafi'an (Prodi Pendidikan Matematika, STKIP PGRI Tulungagung)
Ria Fajrin Rizky Ana (Prodi Pendidikan Matematika, STKIP PGRI Tulungagung)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Apakah terdapat perbedaan kemampuan matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran tipe Talking Stick dan model pembelajaran tipe Mind Mapping pada siswa kelas VIII di MTs Negeri Tunggangri Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode penelitian adalah menggunakan penelitian kuantitatif kelas eksperimen. Validitas instrumen tes dengan cara mengkorelasikan antara skor item dengan rumusĀ  Pearson Product Moment, Validitas instrumen dengan cara reliabilitas digunakan rumus Alpha. Analisis data dengan uji keseimbangan, uji prasarat, dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian diperoleh bahwa thitung ? ttabel yaitu 6,566 ? 1,991 yang berarti bahwa H ditolak dan H1 diterima. Ini berarti bahwa kemampuan matematika siswa kelas kontrol lebih baik daripada kelas eksperimen. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Terdapat perbedaan kemampuan matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran tipe Talking Stick dan Mind Mapping pada siswa kelas VIII di MTs Negeri Tunggangri Tahun Pelajaran 2016/2017.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jp2m

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JP2M is stands for Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. JP2M is a high quality open access peer reviewed research journal that is published by Mathematics Education Department of STKIP PGRI Tulungagung. JP2M disseminates new research results in all areas of mathematics, mathematics ...