JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 3 (2021): 2021

Pengaruh Penggunaan Gadget dan Self Regulated Learning terhadap Prestasi Belajar Siswa SMAN 2 Muaro Jambi

Gutji, Nelyahardi (Unknown)
Wahyuni, Hera (Unknown)
Yusra, Affan (Unknown)
Ayu Sekonda, Fellicia (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah rendahnya capaian prestasi belajar siswa. Penggunaan gadget dan self regulated learning merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi capaian prestasi belajar tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan gadget dan self regulated learning terhadap capaian prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 212 orang siswa. Pemilihan sampel menggunakan teknik Stratified Random Sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah intrumen penggunaan gadget dan self regulated learning (GADSER), selanjutnya untuk prestasi belajar menggunakan nilai murni hasil ujian semester siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia . data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis analisis regresi sederhana dan analisis jalur untuk menjawab pertanyaan penelitian dan hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh antara penggunaan gadget dan self regulated learning siswa dengan capaian prestasi belajar. Semakin positif penggunaan gadget maka semakin besar pulacapaian prestasi belajar, selanjutnya semakin tinggi self regulated learning maka semakin tinggi pula capaian prestasi belajar. Artinya untuk meningkatkan capaian prestasi belajar siswa Guru harus dapat mengembangkan pengetahuan,keterampilan, sikap siswa dalam penggunaan gadget dan self regulated learning.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...