JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 3 (2021): 2021

Kesulitan Siswa dalam Kegiatan Literasi Membaca di Kelas 3 SDN Pinang 4 Tangerang

Pribadi, Reksa Adya (Unknown)
Harahap, Nadita Yuni Aurelia (Unknown)
Karlina, Lilis (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam kegiatan literasi membaca di kelas 3 SDN Pinang 4 Tangerang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskripstif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket. Wawancara dan angket yang digunakan dalam penelitian ini adalah semi terstuktur dengan tujuan untuk memperoleh informasi atau data yang lebih relevan dengan masalah yang diteliti. Subjek penelitian adalah guru kelas 3 dan siswa kelas 3. Maka dari itu peneliti ingin mengamati penyebab kesulitan yang siswa hadapi dalam kegiatan literasi membaca. Dan Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih terdapat siswa kelas 3 di SDN Pinang 4 Tangerang yang mengalami kesulitan membaca, hal ini terjadi karena siswa tidak terbiasa berlatih membaca, kurangnya motivasi dari guru maupun orang tua. Terdapat juga siswa yang belum mengenal huruf dan belum lancar membaca. Adapun upaya yang dapat dilakukan guru yaitu dengan memberikan bimbingan dan motivasi kepada siswa, mencipatakan lingkungan sekolah dengan gerakan gemar membaca.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...