JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 3 (2021): 2021

Implementasi Kompetensi Profesional Guru dalam Melakukan Penilaian Autentik pada Peserta Didik Kelas 5 SD Negeri Cipocok Jaya 1

Pribadi, Reksa Adya (Unknown)
Putri, Shafira Meidifa (Unknown)
Nuraeni, Hani (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kompetensi professional guru dalam melakukan kegiatan penilaian autentik pada peserta didik kelas 5 SDN Cipocok Jaya 1. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian wali kelas 5 SDN Cipocok Jaya 1. Data yang diambil dengan cara wawancara dan observasi. Hasil penelitian secara keseluruhan dapat diketahui bahwa proses pembelajaran dan kompetensi yang dimiliki siswa di SDN Cipocok Jaya 1, sangatlah penting dalam proses penilaian autentik yang mana menilai dari seluruh aspek, diantaranya harus mampu menggambarkan sikap, keterampilan, dan pengetahuan apa yang telah atau belum dimiliki oleh peserta didik, bagaimana mereka menerapkan pengetahuannya dalam memperoleh hasil belajar, dan sebagainya. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa pada proses kegiatan penilaian autentik ini untuk meningkatkan proses penilaian autentik yang bukan hanya pengetahuan tetapi keterampilan dan sikap yang menjadi aspek dari penilaian autentik itu sendiri khususnya Proses penilaian autentik di SDN Cipocok Jaya 1.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...