JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 3 (2021): 2021

Analisis Strategi Penguatan Disiplin Belajar Siswa SD Melalui Metode Reward dan Punishment

Pribadi, Reksa Adya (Unknown)
Simanullang, Marsya Rianita (Unknown)
Karimah, Shabrina Nida (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh metode Reward dan Punishment bagi kedisiplinan belajar siswa kelas 5C SDIT Alia Nurul Jihadi. Peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode observasi dan wawancara. Lokasi penelitian dilakukan di SDIT Aliya Nurul Jihadi Kabupaten Tangerang. Di SDIT Alia Nurul Jihadi ditemukan beberapa permasalahan disiplin belajar yang ditunjukkan peserta didik seperti masuk kelas tidak tepat waktu, tidak memperhatikan guru ketika menjelaskan, dan lain sebagainya, maka diperlukan strategi penguatan yang dilakukan oleh guru untuk membentuk karakter disiplin belajar siswa salah satunya melalui metode reward dan punishment. Hasil penelitian menyatakan bahwa metode reward dan punishment yang digunakan guru untuk memotivasi peserta didik untuk patuh dan taat kepada peraturan yang diterapkan di sekolah dalam rangka membentuk disiplin belajar. Dengan penggunaan metode reward dan punishment ini mampu memberikan penguatan peserta didik kelas 5C terhadap ketaatan dan kepatuhan peraturan yang ada di sekolah sehingga peserta didik disiplin belajar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...